Mohon tunggu...
Raisti Ainuningtyas
Raisti Ainuningtyas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mommy nya Ambreen

Selanjutnya

Tutup

Nature

Mahasiswa KKN-T PPS UMP Bekerja Sama dengan Kelompok Tani Sidarombi dalam Pembuatan Lubang Resapan Biopori

12 Februari 2022   18:40 Diperbarui: 12 Februari 2022   22:28 200 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembuatan Lubang Resapan Biopori atau biasa disingkat LRB diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN-T PPS UMP Kelompok 21-22 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

Mahasiswa KKN-T PPS UMP di Kelurahan Mekarsari bekerja sama dengan ibu-ibu Kelompok Tani Sidarombi melakukan salah satu program kerja unggulan dari kelompok 21-22.

“Di Kelurahan Mekarsari yaitu Lingkungan Sukarame memiliki tanah yang sulit diserap oleh air sehingga tanah mudah tergenang. Oleh karena itu, kami selaku mahasiswa KKN-T PPS UMP di Kelurahan Mekarsari melakukan suatu kegiatan pembuatan lubang resapan biopori yang terbentuk akibat aktivitas organisme berupa cacing tanah, rayap dan fauna yang hidup di dalam tanah. Lubang resapan biopori ini akan meningkatkan daya serap air secara alami. Selain itu,  manfaat lain dari lubang resapan biopori sebagai kompos karena menggunakan bahan berupa sampah organic." Ujar Raisti Ainuningtyas selaku mahasiswa KKN-T PPS 2022.

Pembuatan biopori ini menggunakan alat dan bahan yang sederhana. Alat yang diperlukan berupa linggis dan sekop yang digunakan untuk menggali tanah. Sedangkan, bahan yang diperlukan berupa pipa dan penutup PVC dengan ukuran 4 inch  sebagai penahan tanah dan sampah organic sebagai bahan utama pembuatan kompos yang dimasukkan dalam pipa.

penanaman-lubang-resapan-biopori-62079e7b1e0cba2d5430cd12.jpeg
penanaman-lubang-resapan-biopori-62079e7b1e0cba2d5430cd12.jpeg
Para mahasiswa KKN-T PPS UMP bersama ibu-ibu Kelompok Tani Sidarombi melaksanakan proses penanaman lubang resapan biopori di salah satu rumah warga anggota Kelompok Tani Sidarombi yang sering terjadi genangan air. Setelah proses penanaman lubang resapan biopori diperlukan pengecekan secara berkala agar tidak terjadi endapan tanah yang masuk kedalam lubang resapan dan mengganti sampah organic setiap 3 bulan sekali.

Selain itu hal ini juga disambut baik oleh bapak Lurah Kelurahan Mekarsari yaitu Bapak Irfan Fauzi, S.IP,.M.AP.

Beliau berharap, adanya pembuatan lubang resapan biopori ini dapat mengurangi genangan air dan mengurangi sampah organic di Lingkungan Sukarame.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan