Mohon tunggu...
Dhea Anggraini
Dhea Anggraini Mohon Tunggu... Suka jalan-jalan

Penulis Pemula

Selanjutnya

Tutup

Finansial

3 Alokasi Bijak untuk Duit yang Tak Terpakai Gara-gara WFH

31 Maret 2020   16:56 Diperbarui: 31 Maret 2020   17:05 26 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Alokasi Bijak untuk Duit yang Tak Terpakai Gara-gara WFH
tempo.co

Sebagian besar dari kita menjalani work from home (WFH) atau kerja dari rumah dalam rangka physical distancing guna mencegah penularan wabah virus Corona yang terus menelan korban.

Dengan WFH ini sama artinya uang untuk transportasi, uang kopi, uang makan siang, dan lain-lainnya tak berkurang. Uang yang tak teralokasi pun bertambah. Kendati demikian, uang yang tak teralokasi itu bisa digunakan untuk hal-hal yang sifatnya mulia, produktif dan menghasilkan.

Meski sedikit, uang yang terkumpul gara-gara WFH, tentunya bisa bermanfaat lebih dari sekadar didiamkan begitu saja.

Lantas bisa dialokasikan kemana saja uang yang tak digunakan gara-gara WFH? Berikut ini 3 alokasi bijak uang:

1. Zakat, Amal atau Sedekah

Di saat wabah Corona makin menjadi, mengamalkan uang yang tak teralokasi selama WFH tentu sangat mulia. Uang tersebut bisa disumbangkan pada lembaga yang menghimpun dana untuk pencegahan penyebaran Corona. Bisa juga uang tersebut disedekahkan pada mereka yang terdampak secara ekonomi karena wabah Corona.

2. Konsumsi Imunitas

Imunitas tubuh saat physical distancing penting biar kebal akan wabah Corona. Kekebalan tubuh sangat dibutuhkan di tengah makin maraknya mwarga masyarakat yang terpapar Corona. Mengalokasikan dana yang nggak terpakai gara-gara WFH untuk menambah imunitas penting dilakukan.

3. Menambah Investasi

Meski WFH bukan berarti tidak bisa mengembangkan dana yang dimiliki. Dana yang tak terpakai gara-agar WFH, seberapa pun besarnya, dapat menambah nominal investasi. Apalagi saat ini investasi sudah sangat terjangkau, semisal investasi saham melalui IPOTGO milik IndoPremier. 

Investasi saham saham dengan dana kecil pun sudah bisa dilakukan, apalagi saat ini harga-harga saham ungggulan sudah sangat murah gara-gara terjangkit Corona. Menambah investasi dengan dana yang tak teralokasi gara-gara WFH juga mulia untuk keuangan masa depan (jangka panjang) yang lebih baik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x