Mohon tunggu...
Raihan Faisal Rizqi Akbar
Raihan Faisal Rizqi Akbar Mohon Tunggu... Semoga Bermanfaat

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (NIM : 20107030081)

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Kemeriahan Suasana Pasar Ramadan di Jogjakarta

23 April 2021   16:04 Diperbarui: 23 April 2021   16:27 238 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kemeriahan Suasana Pasar Ramadan di Jogjakarta
Kampung Ramadhan Jogokariyan/Dokumen Pribadi

Kalian pasti tidak asing lagi dengan Kota Jogja, kota dengan berjuta kenangan yang ada didalamnya. Hari ini aku mau bahas tentang suasana Ramadhan yang ada di Kota Jogja nih. Buat kalian yang orang Jogja tentu kalian pasti mengerti bagaimana rasa dan suasana Ramadhan di kota Jogja kan yaa..

Apalagi pasar-pasar Ramadhanya yang setia hadir memberikan kalian pilihan berbagai macam menu dan jajanan sebagai santapan untuk berbuka.

Kehadiran pandemi yang berawal pada tahun lalu memberikan dampak yang cukup besar pada Bulan Ramadhan yang ada di kota Jogja. Pada Bulan Ramadhan sebelumnya saat tahun 2020 ketika COVID-19 sedang banyak dibicarakan dan belum ditemukan obat untuk penanganya. Banyak orang yang merasa takut dan mengurung dirinya dirumah tidak terkecuali pada Bulan Ramadhan.

Ramadhan tahun lalu menjadi Ramadhan yang paling sepi jika dibandingkan dengan bulan-bulan Ramadhan yang sebelumnya, karena tahun lalu semua kegiatan dilakukan dari rumah, entah kerja, sekolah, ataupun ibadah dilakukan dari rumah.

Banyak masjid yang ditutup, kosong tak ada jamaah, dan hanya terdengar suara adzan saja yang berkumandang. Jalan-jalan terlihat sepi, pusat perbelanjaan, supermarket, dan restoran ditutup

meskipun sekarang masih berada dalam masa pandemi, dan indonesia masih belum pulih sepenuhnya, namun semangat dan antusias warga Jogja dalam menghidupkan Ramadhan tetap tidak padam.

Kali ini aku bakal cerita tentang suasana pasar-pasar ramadhan yang cukup terkenal dan biasanya ramai yang ada di daerah Jogja. Simak yukk!

1. Kampung Ramadhan Jogokariyan (KRJ)

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi
Tentu kalian, terutama yang berdomisili di Jogja pasti tau tempat ini kan, Kampung Ramadhan Jogokariyan ini merupakan tempat yang cukup terkenal didaerah Jogja. Setiap Bulan Ramadhan kawasan Jogokariyan tidak pernah sepi dari pengunjung

Kampung Ramadhan Jogokariyan menjadi tempat yang saya kunjungi pertama kali saat Ramadhan tahun ini, pasar Ramadhan yang ada di kawasan Jogokariyan ini terbentang di sepanjang Jalan Jogokariyan mulai dari SPBU Jogokariyan hingga pertigaan Jalan D.I Panjaitan. Biasanya pasar Ramadhan di kawasan ini mulai buka pukul 4 sore dan mulai tutup sekitar jam 8 malam.

Waktu itu saya mulai berangkat dari rumah sekitar jam  5 dan ketika sampai dilokasi, beberapa saat kemudian, adzan maghrib pun di kumandangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN