Mohon tunggu...
Raiders Salomon Marpaung
Raiders Salomon Marpaung Mohon Tunggu... Guru - Guru Olahraga

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Heritage of Toba, Dulu Adalah Supervolcano, Sekarang Mensejahterakan Masyarakat

25 September 2021   03:36 Diperbarui: 25 September 2021   03:40 151 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Heritage of Toba, Dulu Adalah Supervolcano, Sekarang Mensejahterakan Masyarakat
toba-614e334c06310e582c116f02.jpeg

                                                                                                                    (Dok: tripelaketoba.com)

Sumatera Utara adalah salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia yang begitu banyak memiliki objek wisata. Objek wisata yang ada di Sumatera Utara antara lain wisata peninggalan sejarah, wisata budaya dan wisata alam. Salah satu objek wisata alam yang menjadi andalan adalah "Danau Toba".

Danau Toba adalah objek wisata alam berupa danau alami yang merupakan keajaiban alam dunia yang luar biasa. Di danau kawah yang berada di kaldera Gunung Supervolcano yang sangat besar ini terdapat sebuah pulau yang hampir seukuran Singapura di tengahnya. Pulau itu adalah pulau Samosir.

Keberadaan pulau Samosir di Danau Toba merupakan sebuah keunikan tersendiri yaitu pulau di atas pulau, pulau Samosir berada di atas pulau Sumatera. Keunikan lainnya adalah adanya danau di pulau Samosir. Danau itu adalah Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

Keberadaan Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang di pulau Samosir merupakan sebuah keunikan tersendiri yaitu danau di atas danau. Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang berada di atas Danau Toba. Danau Toba memiliki luas 1.145 km persegi dengan panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer, dan kedalaman 450 meter, sehingga mirip seperti lautan.

Dengan berbagai keunikan ini, kawasan Danau Toba diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi MICE di Indonesia Aja. Hingga saat ini destinasi MICE favorit di Indonesia masih di dominasi oleh Jakarta dan Bali.   

Danau Toba terletak di tengah pulau Sumatera bagian utara, dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Danau Toba adalah danau terbesar di Asia Tenggara dan danau vulkanik terbesar dan salah satu yang terdalam di dunia. Danau Toba adalah lokasi letusan gunung berapi super masif sekitar 75.000 tahun yang lalu.

Letusan ini merupakan letusan eksplosif terbesar di planet bumi dalam kurun waktu 25 juta tahun terakhir. Kita bayangkan, bagaimana masyarakat di sekitar gunung berapi 75.000 tahun yang lalu merasakan kedahsyatan letusan gunung supervolcano tersebut. Menurut teori bencana Toba, letusan ini berdampak besar bagi populasi manusia di seluruh dunia, dampak letusan menewaskan sebagian besar manusia yang hidup waktu itu dan menyebabkan penyusutan populasi di Afrika timur, Afrika tengah dan India sehingga memengaruhi genetika populasi manusia di seluruh dunia.

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa Danau Toba yang saat ini merupakan daerah tujuan wisata andalan Sumatera Utara, dulunya adalah Supervolcano. Tahun 2020 yang lalu, destinasi wisata Danau Toba ditetapkan sebagai UNESCO Global Geoparks. Prestasi Kaldera Danau Toba ini tidak bisa dilepaskan dari keragaman hayati dan budaya di Kawasan ini.

Pengembangan ekonomi kreatif dan kelembagaan kepariwisataan juga menjadi salah satu alasan terpilihnya Geopark Danau Toba ke dalam UNESCO Global Geoparks. Kiranya momen ini dapat mendukung proses menyiapkan pengembangan DSP Toba.

Sekarang, Danau Toba adalah tempat untuk duduk bersantai dan menikmati pemandangan alam yang indah.menghadap danau jernih yang sejuk karena terletak 900 meter diatas permukaan laut. Kita juga dapat melakukan penjelajahan di bagian dunia yang indah ini, bisa dengan berkendara atau berjalan kaki. Inilah Indonesia yang indah, Wonderful Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan