Mohon tunggu...
Raiders Salomon Marpaung
Raiders Salomon Marpaung Mohon Tunggu... Guru - Guru Olahraga

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Perjalanan Tim Angkat Besi Indonesia dalam Olimpiade Tokyo 2020

9 Agustus 2021   13:08 Diperbarui: 9 Agustus 2021   14:15 123 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perjalanan Tim Angkat Besi Indonesia dalam Olimpiade Tokyo 2020
           (Eko Yuli Irawan Dok: fixpekanbaru.com)

                                                                                        

Dalam tulisan ini, saya akan menuliskan sepak terjang tim Angkat Besi Indonesia dalam mengikuti Olimpiade Tokyo yang diselenggarakan di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang dari tanggal 24 Juli s/d 4 Agustus 2021 yang baru lalu. Dalam gelaran kegiatan multievent paling bergengsi ini, Indonesia berhasil menempatkan lima lifternya yang masuk dalam daftar peserta setelah melewati rangkaian kualifikasi. 

Peserta yang berhak tampil di olimpiade adalah yang berada di posisi delapan besar peringkat dunia dan lima dipilih dari wakil setiap benua. Lima lifter Indonesia tersebut terdiri dari kelas 49 kg putri, kelas diatas 87 kg putri, kelas 61 kg putra, kelas 67 kg putra dan kelas 73 kg putra.

Di kelas 49 kg putri, yang lolos adalah Windy Cantika Aisah. Di kelas diatas 87 kg putri yang lolos adalah Nurul Akmal. Di kelas 61 kg putra yang lolos adalah Eko Yuli Irawan. Di kelas 67 kg putra yang lolos adalah Deni. Terakhir di kelas 73 kg putra yang lolos adalah Rahmat Erwin Abdullah.

1. Perjalanan Windy Cantika Aisah

   (Windy Cantika Aisah Dok: https://olympics.com)
   (Windy Cantika Aisah Dok: https://olympics.com)
                                                                                     

Windy Cantika Aisah tampil tanggal 24 Juli 2021 pukul 13.50 waktu setempat. Windy tergabung di group A bersama dengan lifter Zhihui Hou dari China, Chanu Saikhom Mirabai dari India, Wan-Ling Fang dari Chinese Taipei, Nina Sterckx dari Belgia, Anais Michel dari Prancis, Jourdan Elizabeth Delacruz dari Amerika Serikat dan Hiromi Miyake dari Jepang. Perlombaan diawali dengan jenis angkatan snatch.

Pada angkatan pertama, Windy gagal mengangkat beban seberat 84 kg, sementara enam pesaingnya sukses pada angkatan pertama. Pada angkatan kedua Windy tampil perkasa, mampu mengangkat beban seberat 84 kg. Pada angkatan ketiga Windy menambah beban menjadi 87 kg, sayang angkatannya gagal. Atas kegagalan tersebut mengantarkan Windy di posisi keempat untuk angkatan snatch. Lomba dilanjutkan dengan jenis angkatan clean & jerk.

Pada angkatan pertama, Windy mampu mengangkat beban seberat 103 kg, sementara lima pesaingnya juga sukses pada angkatan pertama. Pada angkatan kedua Windy menambah beban menjadi 108 kg dan mampu mengangkatnya, sementara pesaingnya yang sukses pada angkatan kedua tinggal empat lifter. 

Pada angkatan ketiga Windy menambah beban lagi menjadi 110 kg, Windy kembali tampil perkasa, angkatannya pun sukses, sementara pesaingnya yang sukses pada angkatan ketiga hanya satu lifter. Atas keberhasilan tersebut mengantarkan Windy di posisi ketiga untuk angkatan clean & jerk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan