Mohon tunggu...
Rahmad Alam
Rahmad Alam Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa psikologi UST, suka menulis dan rebahan.

Seorang mahasiswa fakultas psikologi universitas sarjanawiyata tamansiswa yogyakarta yang punya prinsip bahwa pemikiran harus disebarkan kepada orang lain dan tidak boleh disimpan sendiri walaupun pemikiran itu goblok dan naif sekalipun.

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Resensi Buku: Akar Kekerasan Karya Erich Fromm

21 Agustus 2022   20:57 Diperbarui: 21 Agustus 2022   20:58 237 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sampul buku. Sumber: dokumen pribadi.


*Judul Buku: Akar Kekerasan, Analisis Sosio-Psikologis atas Watak Manusia
*Penerbit: Pustaka Pelajar
*Penulis: Erich Fromm
*Penerjemah: Imam Muttaqin
*ISBN: 979-9289-25-4
*Jumlah Halaman: xxxvii, 724
*Harga: Rp.76.600

Buku ini berjudul lengkap Akar Kekerasan: Analisis Sosio-psikologis Atas Watak Manusia, adalah sebuah karya dari Erich Fromm yang dalam judul asli bahasa inggrisnya berjudul The Anatomy of Human Destructiveness. 

Buku terbitan aslinya telah terbit pada tahun 1973 dan telah diterjemahkan dan dicetak ke dalam bahasa Indonesia pada tahun 2000.


Erich Fromm adalah seorang psikolog sosial yang terkenal akan banyak karyanya seperti Escape from Freedom, Man for Himself, Marx's Concept of Human, dan masih banyak lagi. 

Fromm sangat terkenal akan konsepnya yang bercorak marxisme dan teori psikologinya yang bermazhab psikoanalisis. 

Pemikirannya membawa perubahan besar dalam psikoanalisis dan psikologi modern terkhusus pada bidang sosial yang membuatnya dianggap sebagai filsuf sosial.


Dalam buku ini Fromm membahas secara terperinci tentang akar dari kekerasan sehingga diawal kita akan diberi pertanyaan bagaimana kekerasan berasal dan diakhir buku kita dapat mendapat kesimpulan dari pertanyaan kita diawal. 

Sebelum masuk ke pembahasan tentang kekerasan atau agresi ini Fromm menegaskan bahwa agresi yang akan menjadi topik bahasan adalah agresi jahat yang sifatnya destruktif dan bukan agresi "lunak" yang bersifat defensif.


Fromm membagi tiga bagian dalam buku ini dimana bagian pertama menjelaskan sumber-sumber dan teori-teori yang berkaitan denga munculnya kekerasan yaitu instingtifisme lama, enviromentalis dan behaviorisme, dan juga psikoanalisis. 

Bagian kedua menjelaskan tentang bukti yang menentang teori instingtifisme melalui pendekatan neurofisiologi, etologi, palaentologi dan antropologi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan