Mohon tunggu...
Rahmat hidayat
Rahmat hidayat Mohon Tunggu... Doa Usaha Ikhlas Tawakal

Mahasiswa di Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Travel

Pesona Pantai Tanjung Belandang

11 November 2019   05:40 Diperbarui: 11 November 2019   05:52 21 2 2 Mohon Tunggu...

Kabupaten Ketapang ini merupakan kabupaten yang berada di pesisir provinsi Kalimantan Barat. Oleh sebab itu, di Kabupaten Ketapang banyak terdapat objek wisata pantai. Kabupaten yang terkenal dengan panganan amplang tersebut memiliki sejumlah pantai yang indah dan layak untuk dikunjungi saat berlibur bersama keluarga. Salah satu pantai yang cukup terkenal di Kabupaten Ketapang yaitu Pantai Tanjung Belandang. Pantai Tanjung Belandang berjarak 17,9 km dari pusat kota Ketapang dan dapat ditempuh sekitar 38 menit melalui Jalan Poros Sukadana -- Ketapang, tepatnya berada di desa Sungai Awan, Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang. Obyek wisata ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Ketapang. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari libur.

Pesona Pantai Tanjung Belandang ini sebenarnya tidak kalah menariknya dengan pesona pantai yang ada di daerah lain. Pemandangan yang khas dari Pantai Tanjung Belandang ini adalah jembatan kayu atau deck yang menjorong ke laut. Deretan gazebo atau rumah-rumahan kecil yang berjejer rapih disamping jempatan kayu. Anda dapat bersantai makan-minum di gazebo sambil menikmati pemandangan dan hembusan sepoi angit laut.
Di pantai ini tidak hanya pemandangannya saja yang banyak dinikmati oleh Anda, namun area pantai yang luas menjadikan tempat ini juga digunakan sebagai tempat untuk berkemah. Pada waktu-waktu tertentu juga digelar acara kejuaraan balap motor Grasstrack di pantai ini. Beberapa olahraga pantai juga bisa dinikmati di pantai ini. Kegiatan outbound juga tersedia di pantai ini seperti bambu miring, flying fox, jaring tali, jembatan egrang, jembatan gantung, jembatan tarzan, lorong tikus dan tangga warna.
Di kawasan pantai ini terdapat fasilitas berupa kolam renang. Kolam renang ini biasanya ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang datang bersama anak-anaknya. Fasilitas umum berupa toilet juga telah tersedia di sini. Beberapa warung makan pun juga bisa ditemukan di kawasan pantai ini. Untuk memasuki kawasan Pantai Tanjung Belandang tidak dipungut biaya masuk alias gratis, namun jika berkunjung ke pantai pada saat ada acara balap motor Grasstrack maka harus membayar biaya masuk sejumlah uang yang besarnya ditentukan oleh pihak panitia penyelenggara. Setiap bulan Agustus di objek wisata ini akan diadakan Pesta Air/Hiburan Rakyat dalam rangka menyemarakan Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia.
Indonesia merupakan surganya keindahan alam. Banyak tempat-tempat yang unik dan menarik untuk di eksplor keindahan alamnya. Salah satunya Pantai Tanjung Belandang yang berada di Kabupaten Ketapang, ini hanya salah satu tempat wisata di Nusantara. Masih banyak tempat-tempat indah di nusantara, yang sudah terekspos atau dikenal banyak orang hanyalah sebagian kecil dari keindahan alam Indonesia.
Namun sangat disayangkan, hingga saat ini banyak orang yang sama sekali tidak mengetahui objek wisata yang ada di daerahnya. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan tentang wilayah sendiri dan juga kurangnya kesadaran untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada dan dapat dikembangkan jauh lebih baik.
Sebenarnya kita bisa memperkenalkan keindahan dan keunikan wisata sekitar dengan cara bercerita tentang pengalaman setelah berkunjung ke tempat tersebut kepada orang-orang sekitar kita. Apalagi pada masa sekarang ini sudah ada media sosial yang bisa dengan mudah membagikan pengalaman kita baik berupa foto, video, atau sekedar bercerita. Karena dengan peran kita semua objek wisata yang belum populer mulai berangsur-angsur dikenal oleh masyarakat luas secara otomatis bisa menguntungkan bagi masyarakat sekitar dan menjadi sumber pendapatan daerah. Dan ketika sudah dikenal, mari kita sama-sama menjaga kelestarian alam kita agar tidak rusak dan kemudian ditinggalkan.

VIDEO PILIHAN