Mohon tunggu...
Rahmadi Salman
Rahmadi Salman Mohon Tunggu... ikhtiar untuk terus menginspirasi

Pegiat literasi dan pendidik sekarang tinggal di KabupatenTanah Laut Kalimantan Selatan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

1 Jam Sebelum Masuk Tahun Pelajaran

13 Juli 2020   09:59 Diperbarui: 13 Juli 2020   10:09 27 2 0 Mohon Tunggu...

Sebelum memasuki tahun pelajaran baru 2020/2021 setiap Orangtua dan siswa akan mempersiapkan beberapa hal yang harus dilaksanakan. 

Ada beberapa persiapan yang dilakukan sebelum memasuki tahun pelajaran baru ini, antara lain adalah:

1. Bagi orangtua, mempersiapkan kebutuhan anaknya selama belajar di sekolah atau belajar dari rumah (BDR), baik peralatan tulis seperti buku polpen, tas, dll. Maupun baju seragam yang tidak bisa dipakai lagi atau sudah lusuh, deniiiian juga sepatu.

2. Bagi orangtua yang baru memasukan anaknya ke sekolah baru, maka wajib mendampingi anak-anaknya pergi ke sekolah,apalagi anak yang baru di tingkat TK atau SD yang memerlukan adaptasi dengan lingkungan yang baru.

3. Bagi anak memasuki tahu pelajaran baru diperlukan adaptasi dengan teman-teman yang baru atau dengan sesama kelas yang baru, demikian juga bagi anak yang baru memasuki sekolah baru sangat diperlukan adaptasi dengan lingkungan sekolah barunya. 

4. Demikian juga, bagi anak diperlukan kesiapan mental dalam memasuki kelas yang baru, pelajaran yang baru dan yang pasti guru-guru yang baru juga.

5. Bagi guru, tahun pelajaran baru banyak juga yang dipersiapkan baik perangkat maupun materi pembelajaran yang akan disampaikan saat proses pembelajaran berlangsung. Dan atau mempersiapkan modul di masa Pandemi ini juga metode yang digunakan dalam pembelajaran online. 

Jadi banyak hal yang harus disiapkan dan selamat menempuh tahun pelajaran baru 2020/2021 dengan suasana baru di era New Normal ini. 

salam Inspirasi !!!

VIDEO PILIHAN