Mohon tunggu...
Rahmadi Salman
Rahmadi Salman Mohon Tunggu... ikhtiar untuk terus menginspirasi

Pegiat literasi dan pendidik sekarang tinggal di KabupatenTanah Laut Kalimantan Selatan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ajari Aku Makan ala Rasulullah

9 Juli 2020   13:38 Diperbarui: 9 Juli 2020   13:29 21 3 0 Mohon Tunggu...

Ketika saya berada di ruang tunggu sebuah bengkel mobil di kotaku, sambil menunggu dan menilis saya menyaksikan satu tayangan yang sungguh menarik di sebuah stasiun Televisi swasta "Eat dan Go". 

Pada tayangan tersebut saya menyaksikan demo masak-masak ikan laut segar yang berada di pantai, usai memasak seorang kokinya menyajikan satu menu kepada pengunjung pantai untuk menyicipi makanan sambil berdiri. 

Pemandangan ini adalah salah satu contoh makan yang tidak diperkenankan oleh Agama khususnya Agama Islam. Kenapa demikian? 

Makan dan minum adalah sebuah kegiatan yang diperintahkan oleh Allah walaupun hukumnya mubah saja. "Makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan" (Al-Qur'an). 

Memang dalam makan dan minum, ada yang perlu diperhatikan terutama adab makan dan minum sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah, di antaranya adalah makan dan minumlah dengan duduk, makanan yang baik dan halal, makan dan minumlah saat lapar dan jangan nubazzir serta menggunakan tangan kanan baik pakai sendok atau tangan kosong. 

Sebelum makan hendaklah membaca doa sebagai bagian dari rasa syukur terhadap makanann dan minuman yang kita peroleh dari anugerah Tuhan Allah SWT. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x