Mohon tunggu...
Rahmad Wijaya
Rahmad Wijaya Mohon Tunggu... Wiraswasta - Hanya orang yang kesana-kemari untuk belajar

Semua kisah yang terjadi adalah seni di dalam hidup.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Integrasi Transportasi Bukan Hanya untuk di Jakarta

20 Januari 2023   04:20 Diperbarui: 20 Januari 2023   09:32 475
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image : Jabarnews.com

Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB, sudah mencapai di angka 91%. Meskipun ada beberapa hambatan soal kelebihan anggaran yang membengkak, namun pada akhirnya Pemerintah terus melanjutkan pembangunan Kereta Cepat ini. 

Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung menjadi simbol revolusi Transportasi di Indonesia. Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung di harapkan dapat memudahkan Mobilitas Masyarakat di dua daerah tersebut, dengan waktu tempuh yang sangat singkat dalam kisaran waktu 36-45 menitan saja.

Transportasi Jakarta yang terus Meningkat


Dari tahun ke tahun perkembangan Transportasi di Jakarta terus meningkat, mulai dari Busway atau yang kita kenal sekarang adalah Transjakarta. LRT sebagai Transportasi terbaru yang siap melayani mobilitas masyarakat di Jakarta. Busway sudah ada sejak zaman kepemimpinan Pak Sutiyoso sebagai Gubernur DKI Jakarta kala itu, hingga kini Jakarta di pimpin PLT Gubernur bapak Heru Budi Hartono. 

Dari masa ke masa Transjakarta sudah mengalami banyak perubahan, perubahan dalam pelayanan di dalam bus, metode pembayaran, hingga halte bus yang sudah menyesuaikan zaman. 


Dulu yang kita ketahui Transjakarta saat pertama kali bercorak warna kuning dan oranye, kini menjadi warna biru bahkan banyak lainnya. Desain livery bus yang makin menunjukkan Transjakarta sebagai moda transportasi yang modern.


Tidak hanya Transjakarta saja yang berbenah, tapi juga ada pembangunan moda Transportasi lainnya Seperti MRT menandakan bahwa Jakarta sebagai Ibukota negara membenahi Transportasinya untuk menunjang kebutuhan mobilitas masyarakatnya. 

MRT juga di harapkan dapat menyerap masyarakat Jakarta untuk beralih ke moda transportasi umum. Fasilitas yang di sediakan jika di lihat-lihat sangat memadai, mulai dari fasilitas Stasiun yang sangat lengkap seperti Toilet yang bersih, dan bahkan lift saja tersedia sebagai pelayanan. 

Sebagai sebuah layanan tambahan untuk menunjang kebutuhan mobilitas masyarakat Jakarta dan juga Masyarakat dari beberapa kota Penyangga Jakarta, pembangunan LRT juga di harapkan dapat menyerap Masyarakat dapat beralih ke moda Transportasi Umum daripada menggunakan Kendaraan Pribadi. 

Tarif LRT yang cukup murah, Fasilitasnya yang lengkap, rutenya juga Strategis. Ini menjadi kemungkinan suatu saat LRT juga akan menjadi Primadona Transportasi Umum bagi Masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun