Mohon tunggu...
Rahel Maretha
Rahel Maretha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Communication

positive vibes✨

Selanjutnya

Tutup

Film

Lima Film Karya Ernest Prakasa: Lucu tapi Menyentuh

27 September 2021   15:14 Diperbarui: 27 September 2021   15:25 95 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lima Film Karya Ernest Prakasa: Lucu tapi Menyentuh
Sutradara Ernest Prakasa. Sumber: sushi.id

Siapa sih yang enggak tahu Ernest Prakasa? Ya kalau nggak tahu, coba kita bahas sedikit, yuk tentang dia! Namun, sebelumnya... . Pernah dengar istilah "Auteur"?

Singkatnya, Auteur ini merupakan sebutan bagi sutradara suatu film yang memiliki peran besar dalam film tersebut. Perannya dapat seperti menjadi penulis, pengarah, hingga berperan langsung menjadi aktor dalam film tersebut dan dapat mencerminkan identitasnya melalui film yang dibuat.

Ernest Prakasa

Nama Ernest Prakasa mulai banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak dirinya mengikuti ajang Stand Up Comedy Indonesia dan berhasil memperoleh peringkat 3 di tahun 2011 lalu. Sejak namanya dikenal, Ernest mulai melangkah maju menyusun perjalanan karirnya.

Pria kelahiran 29 Januari 1989 ini awalnya dikenal sebagai komedian atau komika dan menekuni pekerjaannya tersebut. Setelah itu, Ernest mencoba hal lain dalam masa karirnya dengan merambah ke dunia perfilman.

Bermula dari menjadi aktor dalam beberapa film, Ernest mengembangkan sayap karirnya dengan menjadi penulis skenario film dan sutradara. Hingga saat ini, Ernest sudah punya lima film karyanya yang nge-hitz di Indonesia, yaitu Ngenest (2015), Cek Toko Sebelah (2016), Susah Sinyal (2017), Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga (2018), dan yang terbaru Imperfect: Karier, Cinta, & Timbangan (2019) (Mulyana, 2021).

Hmm... kalau kita lihat kelima film karya Ernest ini, ada beberapa hal menonjol, loh! Salah satunya seperti Ernest sendiri yang ikut berperan menjadi pemain dalam film tersebut. Ernest menjadi pemain dengan berbagai peran yang dilakoninya.

Selain itu, Ernest juga berperan besar dalam penulisan naskah atau jalannya cerita, serta menyutradarai langsung kelima filmnya tersebut. Nah! Ini nih, yang bisa kita sebut sebagai Auteur. Namun, sebelum membahas film Ernest, mari kita pahami dulu mengenai Auteur.

Auteur

Auteur atau dalam bahasa Inggris "author", berasal dari bahasa Prancis yang dalam dunia perfilman dipahami sebagai seorang artis yang memiliki kendali penuh atas karya filmnya. Mulai dari menyusun naskah atau skenario cerita, penyusunan film, hingga proses pengambilan adegan.

Dengan campur tangan sang sutradara yang dominan dalam sebuah film, citra diri atau persona dari sutradara bisa ikut tercermin dalam karya filmnya. Hal ini dikarenakan gagasan atau ide-ide yang tersampaikan dalam film, bersumber dari pikiran sang sutradara.

Kepribadian sang sutradara dapat terlihat melalui karya filmnya atau dalam kata lain, film dapat menjadi salah satu bentuk ekspresi diri dari sutradara. Sehingga film tersebut bisa memiliki "personality"-nya sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan