Mohon tunggu...
Rahadian Kafi
Rahadian Kafi Mohon Tunggu... S1 Manajemen Logistik, Pecinta Buku Sejarah, dan Gemar Membuat Puisi ataupun Cerpen

Pecinta buku yang bertema Sejarah, Ekonomi, Logistik Supply Chain, dan Pengembangan diri. Gemar menjelajahi Coffee shop, toko buku, dan tempat yang mengukir sejarah. Mengarang puisi dan cerpen menjadi hobi sejak di bangku sekolah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lima Komponen Marketing 5.0 : Evolusi Teknologi Yang Meniru Empati Manusia

12 September 2025   23:48 Diperbarui: 12 September 2025   23:52 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Search by Microsoft AI

Apa Marketing 5.0 itu?

Marketing 5.0 bukan sekadar kelanjutan dari Marketing 4.0—ia adalah lompatan simbolik menuju era di mana teknologi tak hanya mempercepat komunikasi, tetapi juga meniru kecerdasan dan empati manusia. Jika Marketing 4.0 berfokus pada media sosial dan konektivitas digital, maka Marketing 5.0 menghadirkan teknologi yang mampu memahami, merespons, dan berinteraksi secara personal dengan pelanggan.

            Secara Definisi, Marketing 5.0 adalah penerapan teknologi peniru manusia—seperti AI, machine learning, dan antarmuka digital—untuk menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan meningkatkan nilai sepanjang perjalanan pelanggan. Teknologi ini tidak hanya memproses data, tetapi juga meniru kognisi manusia untuk memahami kebutuhan dan perilaku pelanggan secara mendalam.

Dalam 5 komponen Marketing 5.0 terdapat: 2 tipe Disiplin dan 3 tipe penerapan, yaitu

  • Disiplin 1: Pemasaran Yang Digerakan Oleh Data

Pemasaran yang digerakan oleh data Adalah aktivitas mengumpulkan dan menganalisis  mahadata dari berbagai sumber internal dan eksternal, serta membangun ekosistem untuk mendorong dan mengoptimalkan keputusan pemasaran

  • Disiplin 2: Pemasaran Yang Gesit

Pemasaran yang gesit menggunakan tim yang terdesentralisai, lintas fungsi, untuk membuat konsep, mendesain, mengembangkan, dan memvalidasi produk dan kampanye pemasaran dengan. Kegesitan organisasi dalam hal berurusan dengan pasar senantiasa berubah menjadi disiplin kedua yang harus dikuasai perusahaan untuk memastikan keberhasilan implementasi Marketing 5.0

  • Penerapan 1: Pemasaran Prediktif

Pemasaran perdiktif Adalah proses membangun dan menggunakan analitik prediktif, terkadang dengan menggunakan pembelajaran mesin, untuk memprediksi hasil yang akan muncul dari aktivitas pemasaran sebelum diluncurkan.

  • Penerapan 2: Pemasaran Kontekstual

Pemasaran kontekstual Adalah aktivitas mengidentifikasikan dan membuat profil serta menyediakan pelanggan dengan interaksi yang dipersonalisai menggunakan sensor dan antarmuka digital di ruang nyata

  • Penerapan 3: Pemasaran Berimbuh

Pemasaran berimbuh Adalah penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitsa pemasar yang biasanya langsung menghadapi pelanggan, yakni dengan menggunakan teknologi peniru manusia seperti chatbot dan virtual. Penerapan pemasaran berimbuh ini memastikan bahwa pemasaran dapat mengombinasikan “kecepatan dan kenyamanan antarmuka digital” dengan “kehangatan dan empati manusia”

Kesimpulan: Marketing 5.0 dibangun berdasarkan konsep “manusia sebagai pusat” dan “kecakapan teknologi”. Jadi bisa di definisikan bahwa Marketing 5.0 sebagai penggunaan teknologi peniru manusia yang bertujuan menciptakan, mengomunikasikan, memberikan, dan meningkatkan nilai dalam seluruh pengalaman pelanggan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun