Mohon tunggu...
Ganendra X
Ganendra X Mohon Tunggu... Jakarta Worker

Suka nulis, fotografi, ngevlog - email: masrahab@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Yuk, Mengenal Esensi Halal di Ajang Terbesar Muslim LifeFest 2019

28 Agustus 2019   18:09 Diperbarui: 28 Agustus 2019   18:15 0 1 1 Mohon Tunggu...
Yuk, Mengenal Esensi Halal di Ajang Terbesar Muslim LifeFest 2019
ILUSTRASI. Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim LifeFest) 2019  (Sumber foto lifestyle.okezone.com dan tribunnews.com)

Tren halal semakin berkembang di tanah air. Gaya hidup 'halal' merambah ke dalam setiap sendi kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya pemahaman mengenal esensi konsep halal menjadi perlu dan penting. Ajang Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim LifeFest) 2019 hadir sebagai salah satu wahana edukasi dan sosialisasi umat Islam terkait konsep halal.  Gelaran 3 hari eksebisi pada 30 Agustus 2019 -- 1 September 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta menjadi sangat penting digelar dan layak untuk dikunjungi.   

Ketika mendengar tentang kata "halal", kepalaku langsung tertuju ke makanan. Makanan halal. Makanan dari olahan bahan halal termasuk cara pengolahannya. Bukan sekadar makanan mengandung B2. Tentu saja soal "halal" itu bukan sekadar mengenai makanan. Banyak hal lainnya yang lebih luas.

Coba perhatikan dalam keseharian, konsep 'halal' apa yang biasa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Makanan, perbankan syariah, soal riba, kosmetika sampai halal travel. Benar-benar 'halal' melingkupi segala sisi kehidupan kita sehari-hari. Itu tak lepas dari pentingnya peran 'halal' dalam perikehidupan umat muslim.

Signifikan dengan posisi Indonesia berpenduduk mayoritas muslim. Aku ingat, pernyataan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beberapa waktu silam saat momen Pilpres 2019, bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Persentase muslim Indonesia mencapai  12,7 persen dari populasi dunia.

Laporan Pew Research, sebuah lembaga riset global menguatkan pernyataan di atas. Merilis dari tirto.id, Pew Research mencatat bahwa Indonesia pada 2010 menempati urutan teratas sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di Dunia. Pada tahun itu tercatat 209,1 juta jiwa lebih penduduk Indonesia merupakan warga muslim.

Tren Halal dan Gaya Hidup 

Wajar kiranya, dalam setiap urusan terkait kehidupan sehari-hari umat muslim sangat lekat dengan konsep 'halal'. Namun demikian tren halal semakin berkembang. 

Belakangan halal tak lagi sebatas ajaran agama Islam saja. Itu tak lepas dari semakin dalamnya nilai-nilai Islam masuk ke dalam praktik bisnis beragam rupa. Bukan hanya dalam skup negara namun dunia. Ya, tren halal  telah menjadi tren yang mendunia sekaligus gaya hidup masyarakat (halal lifestyle).

Lalu apa nilai Islam 'halal' yang masuk dalam praktik bisnis?

Sering dengar kan soal perbankan syariah,  fintech syariah, propertI syariah, kebab syariah, dan koperasi syariah. Terus ada lagi yang baru ngehit kasusnya tentang produk keuangan kontemporer seperti gopay, OVO, e-money, halal gak seh? Sebenarnya bagaimana tinjauan syariahnya? Nah hal-hal seperti itu harus dapat didudukkan dalam porsi yang benar, agar terkait 'kehalalan' tidak membuat bingung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
KONTEN MENARIK LAINNYA
x