Mohon tunggu...
Rafli Putra Raihan
Rafli Putra Raihan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Anak Teknik

Mahasiswa Teknik Sipil

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Penguatan Pembelajaran Daring di SDN 212 Harapan di Masa Pandemi

29 Juli 2021   22:20 Diperbarui: 29 Juli 2021   23:33 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dimasa Pandemi Covid -- 19 yang telah mengubah berbagai sektor kehidupan manusia , mulai dari ekonomi , sosial , pertahanan dan juga yang paling fundamental adalah di sektor Pendidikan. Perubahan ini meliputi ditutupnya sekolah-sekolah yang merupakan inti dari bidang pendidikan, sehingga para siswa harus melaksanakan kegiatan belajar di rumah dengan mengikuti pembelajaran dari guru yang didampingi oleh orang tua masing-masing secara langsung. 

Tentu saja , dengan adanya perubahan ini melahirkan banyak kebijakan kebijakan yang dilakukan pemerintah . Salah satu kebijakan yang keluarkan oleh  pemerintah yaitu mengenai social distancing yang bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dimana sebagian besar aktivitas seperti bekerja, sekolah, ibadah dan lainnya dilaksanakan dari rumah saja.

Berdasarkan surat Edaran yang dikeluarkan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 serta surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 yang berisi tentang pelaksanaan pendidikan di masa darurat penyebaran Covid-19. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa proses pembelajaran dilakukan melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau sering kali dikenal pembelajaran Dalam Jaringan (Daring). 

Dengan berlakunya surat edaran ini tentu saja system yang sudah lama diterapkan di Indonesia akan tergantikan dengan system yang baru di sektor Pendidikan. Perubahan dari kurikulum serta metode pengajaran terhadap siswa diharapkan menjadi solusi yang progresif untuk menekan laju pertumbuhan pandemi Covid -- 19.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai salah satu universitas pelopor bangsa di bidang pendidikan tentu saja akan turut aktif untuk membantu para pengajar dan siswa dalam menghadapi kesulitan di kala pandemi. 

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengadakan kegiatan Program Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi Covid-19 (KKN TEMATIK UPI 2021). Kegiatan yang diawali dari awal juli hingga awal agustus ini diharapkan mampu menjadi solusi yang aktif dalam membantu pengajar dan siswa untuk meningkatkan penguatan pembelajaran di lingkungan sekolah.

Rafli Putra Raihan , sebagai mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Teknik Sipil Angkatan 2018 merupakan salah peserta KKN Tematik UPI tahun 2021. Tema yang dipilih dalam kegiatan KKN Tematik ini adalah Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan. Kegiatan KKN Tematik dilaksanakan di SD Negeri 212 Harapan yang berlokasi di Bandung. Didampingi oleh dosen pendamping lapangan Ibu Nida'ul Hidayah , semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi para guru dan para siswa yang berada di lingkungan sekolah.

KKN yang di lakukan di SDN 212 Harapan ini memiliki beberapa program kerja yang diharapkan mampu memberi penguatan pembelajaran kepada para guru dan siswa. Program Kerja yang harus dilaksanakan diantaranya penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran, pendampingan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran dan pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring. Selain itu, terdapat program kerja lainnya yaitu membantu administrasi sekolah, membuat video edukasi program penaggulangan covid-19 di bidang pendidikan, dan membuat berbagai media pembelajaran daring.

Pembelajaran daring pada masa pandemi ini diharapkan dapat menjadi solusi alternatif bagi para siswa dan guru. Namun , dilapangan seringkali di hadapi beberapa rintangan yang sulit untuk diatasi. Mulai dari para siswa yang seringkali malas karena bermain , jaringan internet yang belum menyeluruh sehingga terjadi hambatan untuk beberapa orang , serta yang paling sulit peranan orang tua yang dirasa masih belum signifikan dalam memantau anak anaknya selama kegiatan pembelajaran.

dokpri
dokpri
Orang tua memegang peran penting untuk mengawasi dan memfasilitasi proses belajar anak di rumah. Sehingga diperlukannya pendampingan kepada orang tua untuk belajar menggunakan teknologi digital yang berkaitan dengan kegiatan belajar siswa dan membagikan poster mengenai tips mendampingi anak belajar dirumah serta memahami gaya belajar anak. Pemberian informasi ini diperlukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran daring agar tetap berjalan dengan desain yang menarik sehingga dapat menambah ketertarikan siapapun yang melihatnya.

Maka melalui KKN ini , diharapkan dapat membantu mengatasi masalah yang ada serta memberi dampak yang signifikan terhadap para siswa , guru dan orang tua. Selain itu, KKN ini bermanfaat bagi para mahasiswa untuk menambah softskill yang mereka miliki untuk di aplikasikan di masyarakat luas. Kemudian dapat berkontribusi langsung dalam pemberian informasi kepada guru yang lebih berpengalaman dalam praktik ilmu pengetahuan.

Nama  : Rafli Putra Raihan

Nim     : 1805003

Dosen Pendamping Lapangan            : Nida'ul Hidayah

Kelompok : 28

Lokasi KKN : SDN 212 Harapan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun