Mohon tunggu...
Muhammad RafliHidayatulloh
Muhammad RafliHidayatulloh Mohon Tunggu... Lainnya - sedang mencari

"kehidupan memanglah sulit, tetaplah jalani dengan hati ikhlas, terus berusaha dan tawakkal, hadapi dan coba untuk yang terbaik"

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Korelasi antara Kepribadian Pemain Sepak Bola dengan Posisinya di Lapangan

28 September 2021   18:18 Diperbarui: 28 September 2021   18:22 105 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Korelasi antara Kepribadian Pemain Sepak Bola dengan Posisinya di Lapangan
goal.com

Dalam kehidupan ini, kita mengetahui bahwa secara umum karakteristik atau kepribadian setiap orang pasti berbeda-beda. Dan kepribadian masing-masing orang terkadang juga dapat mempengaruhi keberhasilan mereka dalam menempuh karir yang masing-masing mereka jalani. 

Hal ini juga termasuk yang dialami oleh para pemain sepakbola, selain dengan kemampuan fisik dan skill yang mereka miliki, kepribadian juga dapat menjadi salah satu faktor keberhasilan mereka dalam menjalani karir sebagai pesepakbola profesional. 

Keberhasilan maupun kegagalan pemain sejatinya berasal dari kombinasi antara kemampuan kondisianal fisik, psikologis, dan teknis pemain itu sendiri. Dan apabila seorang pemain mampu untuk mengkobinasikan ketiga faktor tersebut dengan baik, maka bukan tidak mungkin jika pemain tersebut akan dapat mencapai keberhasilan dalam karirnya.

Kepribadian dari seorang pemain juga dapat berpengaruh dalam kinerja tim. Pemain yang diletakkan pada posisi yang sesuai dengan tipe permainannya maka akan cenderung dapat memberikan kontribusi yang baik serta dapat membantu meningkatkan kinerja sebuah tim. Dan pemilihan pemain untuk setiap posisi juga tidak hanya mempertimbangkan dari kemampuan fisiknya, melainkan juga ciri-ciri yang dimiliki oleh sang pemain. Kepribadian yang dimiliki oleh seorang pemain akan memungkinkan pemain tertentu untuk bermain lebih baik pada dalam satu posisi dan tidak di posisi yang lain.

Terdapat juga pemain yang setelah mereka berpindah posisi ternyata karir mereka malah semakin bersinar, dan akhirnya mereka selalu ditempatkan pada posisi tersebut. Salah satunya ialah Sergio Ramos. Bek tangguh asal Spanyol yang kini membela Paris Saint Germain tersebut memulai karir profesionalnya di Sevilla sebelum dia hengkang ke Real Madrid pada tahun 2005. 

Saat memulai karirnya sebagai pemain Profesional, Sergio Ramos ditempatkan berada di posisi bek kanan. Namun kemudian saat ia berada Real Madrid, di musim 2011-2012 saat Real Madrid masih ditangani oleh Jose Mourinho, ia berpindah posisi menjadi bek tengah. Dan seiring berjalannya waktu, Sergio Ramos selalu dipercaya mengisi plot sebagi bek tengah dalam skuad dan justru karirnya semakin bersinar semenjak saat itu. 

Dengan gaya bermainnya yang terkenal agresif, keras, dan tidak kenal ampun membuat dirinya dikenal sebagai salah satu bek tengah terbaik dunia dalam beberapa tahun terakhir. 

Kapten Timnas Spanyol dan Real Madrid tersebut tercatat sudah mencetak 97 gol dan 39 assist serta sukses mempersembahkan 22 gelar, selama 16 tahun masa baktinya di Estadio Santiago Bernabeu. Sedangkan di Timnas Spanyol ia sudah mencatatkan 180 caps bersama Tim Matador. Dan semua itu merupakan bukti bahwa karakter atau kepribadian Sergio Ramos yang selalu bermain agresif, keras dan tidak kenal ampun memang cocok dan berhasil untuk mengisi posisi pertahanan dari sebuah tim.

Apa korelasi posisi pemain dengan kepribadiannya?

Dalam olahraga sepak bola terdapat karakteristik yang mendasar, yaitu di dalam arena permainan seorang pemain memainkan posisi taktis, yang diidentifikasi dari empat kategori utama: penjaga gawang (goalkeeper), yang fungsinya adalah menjaga gawang untuk menghindari terjadinya gol bagi lawan. bek (defender), yang fungsinya menjaga pertahanan tim dari serangan yang dilancarkan oleh tim lawan. 

Gelandang (Midfielder), yang fungsi utamanya adalah mendapatkan dan menjaga penguasaan bola, serta memberikan umpan kepada penyerang. Penyerang (Forward) yang fungsinya mencetak gol ke gawang lawan.     

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan