Mohon tunggu...
Rafikhapikul
Rafikhapikul Mohon Tunggu... rafikha

slow but sure

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Cakupan Ilmu Fikih: Berdampak Apakah Aplikasi Video Viral Zaman Sekarang Ini bagi Muslim?

13 Juli 2020   20:08 Diperbarui: 13 Juli 2020   20:06 35 2 0 Mohon Tunggu...

Ada beberapa aplikasi video yang sangat viral dan kontroversial saat ini dan juga tidak asing dikalangan muda zaman sekarang, salah satunya yaitu aplikasi yang bernama Tik tok, saya akan mengambil garis besar dari aplikasi ini, karena siapa sih yang tidak tahu aplikasi ini, aplikasi yang sempat jadi sorotan dikarenakan ada pemuda yang jadi perbincangan dunia maya saat itu dikarenakan videonya saat meet and great dengan fans nya dan dikecam banyak sekali netizen. Siapa sih yang tidak kenal dengan Bowo alpenlibe? Yang bernama asli Prabowo Mondardo yang dikenal sebagai seleb Tik Tok. 

Saat itu juga aplikasi Tik Tok ini sangatlah menjadi perbincangan di Indonesia karena ditakutkan akan membawa dampak buruk bagi anak-anak. Kemudian Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan akan memblokir aplikasi Tik Tok ini karena banyak sekali konten negatif yang tidak senonoh dan tidak mendidik untuk anak-anak. Lalu ia juga menyebutkan jika Tik Tok membersihkan konten dan terus menjaga kebersihan kontennya, maka Kemenkominfo bisa kembali membuka aksesnya di Indonesia.

Lalu pihak Tik Tok pun mengklarifikasi untuk menindaklanjuti pemblokiran, ternyata hal ini direspon baik oleh bapak Rudiantara, pihak Tik Tok pun mensetujui permintaan pemerintah Indonesia dengan mengubah pengaturannya menjadi minimal 16 tahun dan menghapus konten negatif. 

Dengan adanya kerjasama pihak Tik Tok, Kemenkominfo pun akan segera membuka pemblokiran Tik Tok di Indonesia. Dan saat ini seperti yang kita lihat Tik Tok menjadi aplikasi video yang digandrungi banyak orang, dengan sebanyak 315 juta kali unduhan dalam 3 bulan awal tahun 2020 ini, apalagi ditambah adanya pandemi virus Corona ini.

Apa sih dampak baik dan buruknya tiktok untuk kalangan umum saat ini?
Tik Tok ini ibarat seperti sebuah pisau bisa mengandung manfaat bila digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat tetapi bisa juga membuat bahaya bila digunakan untuk hal yang negatif. Demikian halnya dengan Tik Tok yang merupakan jejaring sosial bisa digunakan sebagai wadah kreativitas, menyebarkan ilmu dan sebagainya. Namun sebaliknya Tik Tok juga bisa digunakan sebagai ajang maksiat.

Manfaat tiktok adalah sebagai berikut :
1. Sebagai sarana dakwah
Tik Tok bisa digunakan sebagai sarana dakwah yang bagus, sehingga bertambah banyak orang mendapatkan ilmu disebabkan melihat video di Tik Tok, akun yang sangat terkenal dan seringkali menyebarkan dakwah di Tik Tok adalah Husain Basyaiban @basyasman00 dan Ngaji House @ngajihouse.

2. Sarana kreativitas
Tak hanya berisi video joget saja, tetepi Tik Tok seringkali menjadi tempat untuk menunjukkan kreativitas yang positif lho, seperti video cinematic pemandangan alam, video animasi, dan sebagainya.

Keburukan Tik Tok adalah sebagai berikut :
1. Kecanduan
Banyak dari pengguna Tik Tok merasa asik melihat video-video sehingga mereka menjadi lupa pada waktu, tugas kewajibannya, bahkan ada yang sampai dibuat lalai dari aturan agama dikarenakan kecanduan Tik Tok.

2. Wadah maksiat
Banyak dari para pengguna Tik Tok tidak mengindahkan aturan agama sehingga menjadikan Tik Tok sebagai wadah maksiat, ghibah, fitnah, gosip dan sebagainya. 

Diantara wabah Tik Tok yang sangat perlu diperhatikan adalah budaya menampilkan video-video pribadi yang jelas akan dilihat banyak orang, bahkan terkadang yang ditampilkan adalah video-video seronok, yang mengumbar nafsu, oleh karenanya bagi para pengguna Tik Tok hendaknya mengganti video-video nya tersebut dengan video-video lain yang tidak bermasalah seperti kreatifitas edit video pemandangan alam dan sebagainya.

Tik Tok termasuk salah satu masalah kontemporer yang tidak ada dalilnya secara khusus namun bila kita tela'ah kaidah-kaidah fiqiyah yang telah mapan, dapat kita temukan beberapa argumentasi yang menunjukkan bahwa hukum penggunaan Tik Tok adalah boleh-boleh saja setidaknya ada 2 kaidah fikih yang bisa kita terapkan untuknya yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN