Mohon tunggu...
Rafif Zaki
Rafif Zaki Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Hallo, Saya Rafif akan menulis artikel

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Memulai Bisnis Bawang Merah yang Menguntungakan: Panduan Lengkap dari Hulu ke Hilir

7 Mei 2024   08:35 Diperbarui: 7 Mei 2024   08:52 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cara Berbisnis Bawang Merah - Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur esensial yang selalu dibutuhkan dalam masakan Indonesia. Permintaan pasar yang tinggi terhadap bawang merah menjadikan komoditas ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Artikel ini akan memandu Anda dalam memulai bisnis bawang merah yang menguntungkan, mulai dari budidaya, panen, pasca panen, hingga pemasaran.

1. Riset Pasar dan Peluang Usaha

Langkah awal yang krusial adalah melakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan dan permintaan bawang merah di daerah Anda. Pelajari jenis bawang merah yang disukai konsumen, harga pasaran, dan potensi pesaing.

2. Memilih Metode Budidaya


Ada dua metode umum dalam budidaya bawang merah: budidaya di lahan dan budidaya hidroponik. Kedua metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Budidaya di lahan cocok untuk skala besar, membutuhkan modal awal yang lebih besar, namun lebih rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Di sisi lain, budidaya hidroponik lebih cocok untuk skala kecil, membutuhkan modal awal yang lebih terjangkau, dan lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode, petani dapat memilih metode yang paling sesuai dengan situasi dan kebutuhan mereka.

3. Persiapan Lahan dan Penanaman

Persiapan lahan merupakan langkah krusial dalam budidaya bawang merah. Pilihlah lahan yang memiliki karakteristik gembur, drainase yang baik, serta paparan sinar matahari yang cukup. Sebelum penanaman, lakukan pengolahan tanah secara menyeluruh dan pemupukan dasar guna mempersiapkan kondisi yang optimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun