Mohon tunggu...
Rizqi Khafif Prayoga
Rizqi Khafif Prayoga Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Halo! Perkenalkan, saya Rizqi. Saya memiliki passion di bidang desain, fotografi dan videografi serta selalu senang untuk belajar hal-hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Keuntungan Bisnis Bawang Goreng yang Menarik Perhatian

18 Juni 2024   13:05 Diperbarui: 18 Juni 2024   13:19 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: keuntungan bisnis bawang goreng (sumber: Tribun News)

Bisnis yang menarik dengan potensi penghasilan yang menjanjikan adalah bisnis bawang goreng. Bawang goreng tidak hanya dapat menjadi pelengkap masakan, tetapi juga merupakan camilan favorit banyak orang. Nah, sebelum memulai bisnis, calon pengusaha harus mempertimbangkan beberapa keuntungan bisnis bawang goreng berikut ini.

Keuntungan Usaha Dari Bawang Goreng

Ilustrasi: keuntungan bisnis bawang goreng (sumber: Shutterstock)
Ilustrasi: keuntungan bisnis bawang goreng (sumber: Shutterstock)

1. Tingginya Permintaan Pasar

Salah satu keuntungan pertama dari keuntungan bisnis bawang goreng adalah permintaan pasar yang tinggi. Bawang goreng merupakan bahan pokok dalam berbagai jenis makanan, seperti soto hingga bakso.

Bawang goreng adalah pilihan camilan populer lainnya yang cukup disukai. Karena permintaan yang besar, pengusaha yang menawarkan bawang goreng memiliki peluang yang fantastis untuk mendapatkan pangsa pasar yang signifikan.

2. Fleksibilitas Penggunaan Produk

Bawang merah dapat digunakan dalam berbagai macam hidangan karena keserbagunaannya. Bawang merah goreng dapat ditambahkan ke dalam makanan sebagai taburan, dicampur ke dalam adonan, atau dibentuk menjadi kerupuk bawang. Ada banyak penggunaan bawang merah goreng untuk melayani berbagai segmen pasar, seperti restoran, industri kuliner, dan pelanggan di rumah mereka.

3. Harga Jual yang Menarik

Di pasar dengan harga terjangkau, bawang goreng biasanya memiliki harga jual yang cukup kompetitif. Bawang goreng dibuat dengan bawang merah, yang seringkali tidak mahal, tetapi produk jadinya memiliki nilai tambah yang signifikan. Pelanggan bersedia membayar lebih untuk mendapatkan bawang goreng yang renyah, lezat, dan berkualitas tinggi. Keuntungan bisnis bawang goreng yang cukup besar dapat diperoleh oleh pengusaha yang secara efektif mengendalikan biaya produksi.

4. Produk Awet dan Tahan Lama

Umur simpan produk yang relatif lebih lama adalah keuntungan lain dari keuntungan bisnis bawang goreng ini. Jika disimpan dengan benar, bawang goreng dapat tetap renyah dan segar untuk jangka waktu yang lama. Hal ini menghilangkan kekhawatiran bahwa komoditas akan menjadi busuk atau basi ketika didistribusikan ke berbagai tempat. Umur panjang produk ini berkontribusi pada efisiensi dan stabilitas bisnis bawang goreng.

5. Peluang Berkembang dan Inovasi

Bisnis bawang goreng menawarkan banyak peluang untuk dikembangkan dan berinovasi. Dalam inovasi aneka rasa seperti balado atau pedas. memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin sadar akan kesehatan, pengusaha dapat memproduksi bawang goreng organik. Menggunakan kemasan yang inovatif juga bisa menjadi cara untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

6. Menyumbang pada Ekonomi Lokal

Bisnis bawang goreng dapat menghasilkan pendapatan yang akan membantu perekonomian lokal. Dengan membeli bawang merah dari petani lokal, bisnis yang menjual bawang merah goreng dapat menstimulasi ekonomi lokal. Selain itu, pertumbuhan lapangan kerja di sektor manufaktur, distribusi, dan pemasaran akan membantu menurunkan tingkat pengangguran.

7. Kreativitas dalam Pemasaran

Produk yang dibuat dari bawang goreng dapat dipromosikan secara kreatif saat melakukan pemasaran. Dengan menggunakan berbagai strategi pemasaran, seperti membuat konten yang menarik secara visual untuk media sosial, bekerja sama dengan influencer kuliner, atau berpartisipasi dalam acara kuliner, pemilik bisnis bawang goreng dapat membangun identitas brand yang kuat dan menarik minat pelanggan baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun