Mohon tunggu...
Rafif Azra Hibatullah
Rafif Azra Hibatullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa tingkat awal yang ingin cepat lulus

Hello!

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Catur Gunandi, Si Juragan Cireng Hitam Pertama di Dunia

23 Agustus 2022   00:45 Diperbarui: 23 Agustus 2022   00:49 176 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Cireng hitam mungkin terdengar sangat aneh di telinga, karena cireng pada umumnya berwarna putih. Lantas cireng hitam ini apa, dan kenapa berwarna hitam ?

Cireng yang berwarna hitam ini merupakan Inovasi baru yang dilakukan oleh PT Bonju Indonesia Mas pada saat masa pandemi berlangsung. Selain warnanya yang hitam, cireng ini juga merupakan salah satu frozen food tanpa pengawet dengan menggunakan bahan- bahan yang berkualitas dan memanfaatkan charcoal sebagai pewarnanya. Ditambah lezatnya sambal rujak yang diracik dengan bahan khas asli seperti gula aren dan asam jawa.

Wow, inovasi yang luar biasa untuk kuliner lokal Indonesia yang memiliki keinginan untuk mendunia ini. Jadi penasaran sama si juragan, kok bisa akhirnya muncul inovasi kayak gitu?

Muhammad Catur Gunandi atau terkenal dengan Kang Catur Gunandi ini merupakan salah satu founder dari PT Bonju Indonesia Mas yang memproduksi beberapa makanan salah satunya cireng salju hitam ini. Dalam video dokumentasi di platform digital, ia berkata bahwa PT ini dibuat karena kecintaannya terhadap kuliner yang ada di Indonesia dan berharap kuliner lokal ini dapat mendunia dengan mengangkat tema "Black Crispy Chewy (BCC)". Bonju Indonesia ini memberikan sensasi yang berbeda untuk penikmatnya.

Selain itu, Kang Catur Gunandi juga saat ini menaungi beberapa perusahaan di beberapa sektor diantaranya Composite Technology Material, Konsultan IPO, Konsultan Bisnis dan Aviation, serta Energy Trading.

Sebelum menjadi Professional Entrepreneur, Catur Gunandi Insinyur muda Teknik Penerbangan ini sempat menjadi pegawai perusahaan swasta dan BUMN. Kelebihannya di bidang keuangan kini mampu mengantarkannya menjadi seorang entrepreneur yang sukses.

Menarik sekali yaa Kang Catur ini, memanfaatkan kelebihannya dalam dunia kerja sehingga ia sukses mencapai goals nya menjadi seorang pengusaha yang sempat ia cetuskan saat berkuliah di ITB.

Satu kalimat yang ia utarakan di dalam video dokumentasi yang sama,

"Jangan mau kaya secara instan"

Kalimat ini menjadi gambaran bahwa tidak ada sesuatu yang instan seperti halnya dalam dunia kerja atau bisnis. Keluar dari zona nyaman sebagai pegawai di beberapa perusahaan swasta dan BUMN ini terkadang diperlukan, mengenali diri sendiri, membangun relasi hingga berani merintis beberapa usaha itu membutuhkan waktu dan usaha serta doa.

Jadi fokuslah dalam menjalani setiap usaha, perluas relasi dan berdoa untuk kelancaran dalam segala proses usaha yang dijalani. Nikmati semua prosesnya dan jadilah seorang entrepreneur yang dapat menginspirasi banyak orang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan