Mohon tunggu...
Rafif Nabil
Rafif Nabil Mohon Tunggu... Mahasiswa

Bachelor of Law, 24th, Laki-Laki

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Tips Belanja Online yang Aman

4 Mei 2019   16:42 Diperbarui: 4 Mei 2019   16:59 0 2 0 Mohon Tunggu...
Tips Belanja Online yang Aman
Sumber: Ekonomi.kompas.com

Perkembangan zaman saat ini tidak dapat dihindarkan seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat. Kemajuan teknologi ini menawarkan kemudahan masyarakat dalam hal beraktivitas termasuk dalam berbelanja online. Berikut adalah tips berbelanja online menurut perspektif penulis, yaitu:

1. Memilih  Market Place yang sudah punya nama dan  Track Record Baik

Ada beberapa marketplace di Indonesia yang sudah punya nama besar semisal Tokopedia, bukalapak, shopee bahkan market place lainya. Kenapa penting memilih market place yang sudah punya nama besar, karena dalam hal melakukan pembayaran uang yang kita kirimkan akan dititipkan terlebih dahulu kepada market place tersebut sebagai pihak ketiga yang mewadahi antara penjual dan pembeli. Untuk memilih market place itu cocok-cocokan sih, intinya sih sama saja tergantung mana yang kita suka. 

2. Membaca deskripsi produk yang akan kita beli

membaca deskripsi produk yang akan kita beli tentunya sangat penting dalam hal melakukan belanja online di marketplace, agar kita tahu menegnai informasi produk yang akan kita beli secara detail.

3. Melihat Ulasan produk yang akan kita beli

Melihat ulasan produk yang akan kita kita beli tentunya sangat berguna bagi kita selaku pembeli untuk yakin kepada penjual, karena kredibilitas seorang penjual dalam market place bisa kita lihat melalui ulasan produk. 

4. Bertanya di diskusi produk terkait tersedianya barang

bertanya di diskusi produk sangat penting, dengan melontarkan pertanyaan, "ready gan/sis?" , ini untuk memastikan agar transaksi yang kita lakukan berjalan dengan lancar.

5. Melakukan pembayaran

terakhir jika sudah yakin,sudah memilih barang dan memilih layanan kurirnya, maka langkah terakhir anda adalah melakukan pembayaran. Pastikan rekening tujuan pembayaran anda adalah rekening atas nama market placenya.

6. Jangan Sungkan Untuk Komplain atau bertanya kepada CS Market placenya jika ada keluhan apapun

Ini adalah langkah yang apabila terjadi suatu hal yang tidak dapat diprediksi semisal sistemnya lagi eror atau apapun.