Mohon tunggu...
Muhammad Rafif
Muhammad Rafif Mohon Tunggu... Jalan yang indah adalah jalan yang masuk akal bagi orang berakal dan bermental

Mahasiswa UPNVJ S1 Akuntansi, Investor pemula @ajaib_investasi dan @MNC Sekuritas.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Jadi Ladang Rezeki? Ini Potensi Investasi di Masa Pandemi

22 November 2020   21:02 Diperbarui: 22 November 2020   21:09 43 1 0 Mohon Tunggu...

Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Istilah investasi sebenarnya bisa disandingkan dengan istilah menabung yang dikenal oleh seluruh kalangan masyarakat. Bedanya jika menabung  kegiatan mengumpulkan uang lalu disimpan secara mandiri. Sedangkan investasi adalah kegiatan mengumpulkan uang lalu disimpan di pasar modal dan uang tersebut disalurkan ke perusahaan untuk dikembangkan sehingga mendapatkan keuntungan yang selanjutnya dibagi kepada investor.

Untuk menjadi seorang investor diperlukan literasi yang baik tentang produk" investasi. Hal itu dilakukan untuk menghindari potensi kerugian atas investasi yang dilakukan. Dimasa pandemi literasi investasi bisa kita dapatkan dengan mudah di berbagai platform. Biasanya saya membuka platform youtube, telegram, dan instagram untuk mempelajari investasi.

Jenis-jenis investasi yang ada di Indonesia :

1.  Deposito

Instrumen investasi ini cocok bagi anda yang memiliki profil resiko konservatif. Artinya instrumen ini memiliki potensi kerugian yang kecil. Hal ini berbanding lurus dengan potensi keuntungan yang didapat sekitar 5-6% per tahun. Tapi instumen ini memiliki tenor waktu untuk mengambilnya.

2.  Emas

Instrumen investasi ini paling digemari masyarakat Indonesia karena nilainya yang cenderung stabil dan resiko kerugiannya yang juga rendah. Selain itu emas juga bisa dipakai oleh perempuan untuk menghias diri.

3. Properti

Instrumen investasi memiliki kesamaan dengan emas berupa bentuk fisik dan nilainya cenderung stabil. Akan tetapi ada biaya perawatan yang harus dikeluarkan untuk menjaga nilai properti. Biasanya orang yang berinvestasi property akan membeli tanah lalu membangunnya setelah itu disewakan kepada orang lain. Seiring dengan perkembangan zaman orang-orang mengikuti proyek dari suatu perusahaan properti untuk menghemat biaya pembangunan dan meningkatkan nilai sewa.

4. Saham

Saat ini saham sedang  menjadi perbincangan di masyarakat. Alasannya apabila kita berinvestasi saham kita bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Akan tetapi resiko dala berinvestasi saham tinggi apabila kita tidak mempelajarinya. Untuk orang yang masih awam disarankan untuk membeli saham yang bluechip/ yang berada di LQ45. Untuk memulai investasi saham anda bisa mendownload apk ajaib dan masukkan  kode referal rafi067 anda berkesempatan mendapat saham gratis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN