Mohon tunggu...
Rafida Hanan
Rafida Hanan Mohon Tunggu... Lainnya - Fresh Graduate

Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang suka mengutarakan pendapat lewat tulisan dalam bentuk blog atau artikel baik Inggris maupun Indonesia, memiliki kepribadian introvert, dan hobi nonton video di Youtube, dengerin musik, menghayal, memasak, main game, menulis, shopping dan travelling.

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Musik Rock Masih Zaman-kah atau Sudah Tiada (Alias Mati)

2 September 2022   16:59 Diperbarui: 2 September 2022   19:02 187 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: Pinterest/Projeto São Paulo City - Miguel Garcia

Musik rock masih ada walaupun sudah tidak popuker lagi di jaman sekarang, terutama bagi kalangan orang yang gemar bernostalgia sama band-band  rock legendaris, sebut saja The Beatles, Queen, Aerosmith, Guns n Roses, dan Nirvana. Tetapi sayang sekali band-band baru ini sudah merasa tidak dikenal seperti dulu. 

Pantesan di industri musik yang mayoritasnya musisi-musisi pop dan hip hop seperti Taylor Swift, BTS , Billie Eilish, Ed Sheeran, Nicki Minaj, dan Cardi B yang sudah merajai tangga lagu dan penjualan album laris secara global yang pernah dikatagorikan sebagai 50 lagu atau album terbaik di tahun sekian  berdasarkan situs musik seperti Billboard, Spotify, Rolling stone, dan masih banyak lagi. 

Itu karena banyak penggemar saking berlomba-lomba dengan istilah streaming party yaitu caranya mendengarkan lagu atau  nonton video musik berkali-kali sampai mencetak rekor tertinggi dalam waktu kurang lebih 24 jam. 

KONTROVERSI TANGGA LAGU BILLBOARD 

Mari kita lihat,  menurut tabel Billboard pada akhir tahun 2019, daftar 10 lagu rock terbaik dalam waktu dekade 2010-an, ternyata isinya bukan musik rock, melainkan alternative, pop, indie, dan folk. 

Ini berdasarkan streaming terbanyak bagi penikmat musik. Hal ini membuat netizen yang merupakan penggemar musik rock ini kecewa dan  protes dengan reaksi tersebut, sampai berkoar-koar menuliskan melalui Twitter, menurut situs DailyMail.

Sumber: Twitter/@billboard
Sumber: Twitter/@billboard

Coba inilah opini saya berdasarkan lagu-lagu diatas. Kita sudah tahu band-band berdasarkan tabel tersebut seperti Imagine Dragons dan Twenty One Pilots yang bukan termasuk band rock tetapi band alternative yang jumlah lagu terbanyak.

Radioactive adalah lagu favorit saya yang pertama kali saya dengar tahun 2013. Tetapi, lagu yang paling saya tidak suka yaitu Thunder, itu terkesan norak terutama chorusnya berulang-ulang. Sekaligus Believer yang menurut saya biasa saja tapi mendingan daripada Thunder.

Band Twenty One Pilots, yang beranggota 2 orang yang jelas bukan band rock. Lagu seperti Heathens menurut saya membosankan. Lalu, Ride yang merupakan campuran antara reggae dan hip-hop. Dan satu lagi, lagu yang ngehits yaitu Stressed Out yang hip hop alternatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan