Mohon tunggu...
Raesita Zahara
Raesita Zahara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Program Studi Ilmu Komunikasi

Hai semua selamat membaca artikel ini^^

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Menggunakan Media Sosial dan Dampaknya

6 Mei 2021   19:22 Diperbarui: 6 Mei 2021   19:46 10784
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum.Wr.Wb

Haii teman-teman, apa kabar nih?
Semoga baik-baik saja dan sehat semua ya.

Balik lagi dengan saya yang masih belajar menulis artikel^^ semoga kalian selalu enjoy dalam membaca artikel ini. Sebelumnya seperti biasa saya ingin memperkenalkan diri saya terlebih dahulu. Perkenalkan nama saya Raesita Zahara Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dengan Program Studi Ilmu Komunikasi  yang mengambil konsentrasi Public Relation. Seperti pada artikel sebelum sebelumnya disini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya dalam menggunakan media sosial, walaupun sepertinya kalian sudah tidak asing dan ada juga yang sudah menggunakan berbagai sosial media. 

Di era modern ini, perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat berpengaruh besar terhadap situasi kehidupan sehari-hari saat ini, salah satunya adalah media sosial. Saat ini sudah sangat banyak sekali berbagai sosial media yang dapat kita gunakan. Media sosial memegang peranan yang sangat penting dalam kebutuhan bersosialisasi dan komunikasi. Dengan adanya media sosial ini semua orang dapat dengam mudahnya bertukar informasi, mengabadikan moment dengan mengakses foto maupun video, dan dapat juga memperoleh pengetahuan.

Media sosial adalah media daring yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara user satu dengan user lain, serta mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet. Tujuan dari adanya social media sendiri adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas. Agar pengguna media sosial (medsos) lebih mudah dan cepat, dibutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat. Kita tidak perlu lagi menghubungi orang lain melalui kabel telepon atau alat komunikasi tradisional. Cukup dengan mengakses media sosial, kita dapat terhubung dengan banyak orang, membuat forum, diskusi bersama, mengunggah aktivitas keseharian anda, dan lain sebagainya.

Awal saya menggunakan media sosial waktu saya sd sekitar tahun 2010an. Media sosial yang saya gunakan pertama kali yaitu Facebook. Kalian ada sama tidak pas waktu sd nya menggunakan Facebook hanya untuk bermain game hehe. Awal saya menginstal Fb ini saya ikut-ikutan teman dan ternyata banyak juga yang terdapat di fitur-fitur Fb seperti kita bisa menulis status, mengunggah foto, berteman dengan siapapun, bisa bermain game bersama, dan bisa mengobrol juga disana. 

Walaupun sekarang Facebook sudah banyak perkembanganya  . Sewaktu saya smp juga saya masih menggunkan media sosial Facebook dan alat komunikasi yang digunakan yaitu chat menggunakan BBM. Sewaktu SMP ini saya menggunakan bbm untuk mengobrol dengan teman-teman sekolah. Saat itu bbm juga cukup populer dimana kita bisa mengirim pesan suara, gambar, video dan disana juga kita bisa bikin status berupa tulisan, lagu dan gambar.

Seiring berjalannya waktu saya sudah mulai banyak mengenal media sosial, banyak media sosial yang sudah saya coba dan gunakan sewaktu saya berjalan menuju bangku SMA. Media sosial seperti Instagram, Whatsapp, Youtube, Twitter, Line, Webtoon, Spotify, dan masih banyak lagi. Dari setiap media tersebut terdapat kegunaan dan keunggulan tersendiri. Media sosial yang sering saya pakai dalam keseharian yaitu Instagram dan Whatsapp. Sejak saya SMA alat komunikasi yang saya gunakan itu Whatsapp. Dengan hanya menggunakan internet kita sudah bisa berkomunikasi dengan teman-teman kita. Banyak kegunaan selain berkomunikasi yaitu kita juga bisa kirim kirim gambar, video, membuat status di sana, bisa membuat grup dengan teman dan dapat mengirim dokumen juga, dari Whatsapp ini dapat mempermudah kita untuk saling komunikasi.

Selanjutnya yaitu Instagram, Instagram merupakan salah satu social media paling populer, terutama bagi pengguna internet di Indonesia. Banyak dari kalangan kita yang menggunakan media ini. Saya merupakan orang yang sering menggunakan Instagram. Instagram merupakan tempat mengabadikan foto dan juga tempat berbisnis membuka toko online. Instagram juga memiliki fitur-fitur dan kelebihannya tersendiri, seperti ada instagram story, IG TV, kita bisa live disini, feed, upload foto dan lain sebagainya. Biasanya saya membuka instagram untuk mencari online shop, melihat foto dan story teman. Saya menggunakan Twitter untuk melihat tranding,  melihat idol idol yang saya sukai dan kutipan-kutipan yang baik, karena media twitter itu sendiri merupakan media dalam bentuk tulisan dan sekarang fitur twitter telah berkembang seperti bisa menambahkan foto, video, dan bahkan membuat story yang dinamai dengan fleet.

Tetapi dalam menggunakan media sosial juga memiliki dampak ataupun kekurangan pada media tersebut. Dampak positif dalammenggunakan media sosial yaitu memudahnya pencarian informasi. Karena sekarang banyak sekali aplikasi social media yang dibuat untuk membantu proses pencarian berbagai sumber informasi dalam setiap bidang kehidupan. Dapat sebagai media hiburan karena di media sosial ini kita bisa bercerita, bermain game, dan menggambar. Dalam hal berkomunikasi juga media sosial dapat membantu kita untuk berkomunikasi jarak jauh sebagai sarana membangun relasi atau hubungan. Dan seperti halnya saat ini media sosial juga dapat mengembangkan kreativitas kita dalam mengekspresikan diri seperti menulis artikel ataupun berbagi pengalaman seperti saya ini.

Media sosial juga memiliki kekurangan yang dimana terkadang kita lupa diri dan malah menghabiskan waktu dengan menggunakan media sosial. Hal ini bisa berakibat fatal karena maraknya pula penyalahguanaan bermedia sosial seperti penyebaran hoax, penyebaran ujaran kebencian yang bisa merugikan banyak pihak, karena setiap orang secara bebas dapat memberikan komentar dan dapat menimbulkan ujaran yang mengarah pada ancaman, serta pembohongan publik, dan dapat mencemarkan nama baik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun