YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) yang populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis, pada era awal milenium internet merupakan media baru dalam kebutuhan akan penyediaan informasi bagi segelintir kelompok masyarakat di dunia.Â
Dalam proses perkembangannya muncul fitur internet yang dikenal dengan istilah media sosial. Kaplan dan Haenlein (2010) memberikan definisi media sosial" sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".
Nah dalam kesempatan kali ini saya dapat sharing-sharing di salah satu mata kuliah Praktek Komunikasi dengan salah satu youtuber atau content creator asal Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di india yakni Moch.Â
Agoes Aufiya jadi beliau ini adalah ketua PCIM india, dosen Fisipol UMM sekaligus Content Creator youtuber yang berisi tentang kehidupan di india dan kegiatan-kegiatan di india selama dia masih menempuh pendidikan di india, dia mengatakan jadi seorang conten creator itu tidaklah mudah yang dibayangkan yang paling utama itu ialah harus mempunyai kreativitas dalam membuat sebuah content yang sasarannya juga harus diperhatikan juga kepada seluruh orang yang bermain sosial media terutama youtube, namun dalam membuat sebuah content tidak hanya satu topic saja harus ada beberapa ide-ide yang lain agar penonton tidak merasa bosan melihat karya kita dengan topic yang berbeda dalam contoh content unik atau yang berbeda.