Mohon tunggu...
Radya Rahma Desy Eka Putri
Radya Rahma Desy Eka Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa Farmasi UMM Membantu Tenaga Medis RSUD Dr. Soeroto Ngawi di Era Pandemi Covid-19

16 Oktober 2020   03:56 Diperbarui: 16 Oktober 2020   04:03 5 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Farmasi UMM Membantu Tenaga Medis RSUD Dr. Soeroto Ngawi di Era Pandemi Covid-19
Relawan Farmasi UMM Menyiapkan obat dalam dosis tunggal yang akan di distribusikan kepada pasien rawat jalan.

Relawan Rumah Sakit Dr. Soeroto -- Sabtu (10/10/2020). Rumah Sakit Umum Dr. Soeroto kabupaten Ngawi adalah rumah sakit milik Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi. Sesuai Kep MenKes RI Nomor: HK.02.03/I/1077/2013 tentang Penetapan Kelas Rumah Sakit, RSUD dr. Soeroto Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur ditetapkan sebagai Rumah Sakit Kelas C. Rumah Sakit Umum Dr. Soeroto Ngawi juga merupakan rumah sakit di Kota Ngawi yang digunakan sebagai rujukan penangan kasus COVID-19. Seperti rumah sakit lain RSUD Dr. Soeroto Ngawi juga mulai kewalahan menangani peningkatan jumlah pasien COVID-19 yang terjadi di Kota Ngawi. Menindaklanjuti hal tersebut DPPM UMM memberikan kesempatan kepada Mahasiswanya untuk berkontribusi sesuai dengan bidang atau diluar bidangnya tersebut. Sehingga kegiatan ini pun bisa menjadi pengganti KKN reguler yang terhalang akibat pandemi yang terjadi saat ini, KKN ini dikenal sebagai KKN BHaktimu Negeri.

Perekrutan Mahasiswa/i untuk menjadi relawan ini tidak sembarangan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti persetujuan dari orang tua, dan memiliki surat ijin yang sudah dibuatkan oleh kampus mengenai persetujuan atas kegiatan tersebut. Kemudian akan diserahkan kepada Direktur Rumah Sakit Umum Dr. Soeroto Ngawi. Setelah tahapan seleksi dan serangkaian Administrasi lainya para Mahasiswa bisa mulai aktif berkontribusi di RSUD pada tanggal 09 Sptember 2020.

"Pihak Rumah Sakit dan khususnya Instalasi Farmasi sangat terbantu dengan adanya adik-adik Relawan, sehingga RS membutuhkan tambahan bantuan karena sudah mulai keteteran menangai pasien COVID-19 yang jumlahnya semakin meningkat setiap harinya" tutur Bu Lina Kepala Instalasi Farmasi RSUD Dr. Soeroto Ngawi.

Sebanyak 1 orang mahasiswa S1 Farmasi tersebut ditempatkan pada satu Depo yaitu Depo Farmasi Rawat Jalan yang jadwal jaganya yaitu pagi mulai pukul 08.00-14.00 dengan beberapa tugas yang salah satunya adalah menyiapkan UDD untuk pasien rawat jalan dari setiap poli yang ada di RSUD Dr. Soeroto, UDD (Unit Dispensing Dose) sendiri adalah sistem distribusi obat dalam dosis tunggal atau obat yang memang digunakan untuk jam itu. Obat-obat yang disiapkan ini kemudian akan didistribusikan oleh petugas kepada pasien rawat jalan sesuai dengan nomor antrian. Selain itu, tugas relawan juga melakukan peracikan dan pengemasan sediaan non steril, menata buffer stock obat, melakukan pencatatan obat yang keluar dan masuk di kartu stok, dan menuliskan eetiket obat secara benar. Setelah obat didistribusikan kepada Apoteker, untuk menjelaskan cara penggunaan obat yang sudah disediakan sesuai dengan resep dokter. Dengan adanya kegiatan KKN Bhaktimu Negeri dalam bentuk Relawan dari mahasiswa ini sangat membantu dan meringankan tugas tenaga medis di RSUD Dr. Soeroto Ngawi, karena semakin meningkatnya pasien di tengah Pandemi COVID-19. Bagi relawan sendiri kegiatan ini sangat membantu dalam hal menambah wawasan dan pengalaman untuk mengenal lapangan kerja di Bidang Farmasi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x