Mohon tunggu...
Radex Nugraho
Radex Nugraho Mohon Tunggu... Penulis, Peternak Lebah, Pelajar Mandarin, Pecinta Anjing, Akupunturis, Pekebun, Warga Kota Salatiga dan pemilik lapak Tokopedia dengan ID "Amanah Raja"

Penulis, Peternak Lebah, Pelajar Mandarin, Pecinta Anjing, Akupunturis, Pekebun, Warga Kota Salatiga dan pemilik lapak Tokopedia dengan ID "Amanah Raja"

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Software Kamus Mandarin Elektronik

15 Juli 2019   22:12 Diperbarui: 16 Juli 2019   10:50 78 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Software Kamus Mandarin Elektronik
unnamed-5d2c96b1097f36310d5621d2.jpg



Dahulu orang belajar mandarin dengan menggunakan buku kamus, kemana mana akan pergi dengan kamus yang lusuh. Semakin lusuh semakin pintar (katanya), karena kamus tersebut sering dibaca.


Jaman berganti jaman, sekarang jaman milenial, hendak belajar apapun sudah tidak dengan buku, tapi dengan handphone.
Ada beberapa software kamus untuk belajar mandarin, sebagian besar orang menggunakan pleco, dan sebagian besar lainnya menggunakan hanping.

Software hanping ini baik untuk belajar mandarin, mirip dengan pleco , dengan kelemahannya adalah tidak ada bahasa indonesia didalamnya. Hanya terdapat mandarin ke inggris atau inggris ke mandarin.

Untuk itu saya mencoba membuat catatan arti bahasa indonesia sebagian besar halaman hsk 5 dan 6 pada kamus ini sehingga kita bisa mengerti artinya didalam bahasa indonesia.

Berikut saya sertakan halaman artikel pemasangan apps kamus mandarin  hanping dan catatan bahasa indonesianya untuk HSK 5 dan 6. Semoga penggunaan kamus hanping ini dapat bermanfaat dan mendukung perkembangan kemajuan pembelajaran bahasa mandarin anak anak putra dan putri ibu pertiwi kita ini, Indonesia.

Sumber gambar disini

Silahkan klik link download berikut disini untuk mendapatkan petunjuk instalasi software hanping dengan catatan berbahasa indonesia untuk kosakata hsk 5 dan 6.


Sekian dari saya, semoga bermanfaat

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x