Mohon tunggu...
radiansyah
radiansyah Mohon Tunggu... Radiansyah

Perbaiki diri dan lakukan yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

5 Alasan Aqiqah Jadi Pintu Keberkahan

21 Januari 2021   06:30 Diperbarui: 21 Januari 2021   06:50 61 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Alasan Aqiqah Jadi Pintu Keberkahan
bayi sedang tertidur ( Foto : Pixabay)

Dalam islam setiap bayi yang baru lahir kedunia selalu melakukan aqiqah dengan cara mengurbankan kambing dan mencukur rambut bayi setelah 7 hari lahir dalam aqiqah ini selain ucapan tanda syukur bahwa telah lahir bayi atau generasi baru dalam aqiqah ini juga kita dapat keberkahan , lalu apa sih keberkahan yang di dapat ? , berikut ini keberkahannya .

1.Menghidupkan Sunnah Rasul

Menghidupkan sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Pengamalan terhadap sunnah Rasulullah adalah bisa menjadi bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah SWT. 

2.Tanda Syukur

 Aqiqah adalah tanda syukur kita kepada Allah SWT. Tanda syukur telah diberikan seorang anak yang telah diberikan-Nya. Dan juga sebagai washilah (sarana) untuk memohon kepada Allah SWT agar menjaga sang bayi. 

3.Sunnah Yang Dianjurkan

Aqiqah adalah sunnah yang sangat dianjurkan (Sunnah Muakkad). Para ulama sudah bersepakat bahwasanya aqiqah itu hukumnya sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan) bagi para orang tua yang mampu. 

4.Sebagai Rasa Gembira 

 Aqiqah sebagai sarana menampakkan rasa gembira. Sebuah rasa gembira karena telah lahir seorang anak manusia yang semoga kelak menjadi insan yang akan membela agama, nusa dan bangsa.  

5.Memperkuat Tali Silahturahmi 

Aqiqah sebagai memperkuat tali silaturahmi. Dengan adanya aqiqah, orang-orang yang diberi jamuan akan merasa senang dan ini bisa menambah eratnya persaudaraan antar kaum muslimin. Karena disamping berdimensi spiritual, aqiqah juga adalah ibadah dari ummat islam yang bersifat sosial.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x