Mohon tunggu...
Wicaksono RA
Wicaksono RA Mohon Tunggu... Penulis dan Editor

S1 Pendidikan Biologi

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Sugihrejo Menuju Desa Wirausaha Program KKN-T PM Kelompok 15 UNIPMA

8 Februari 2025   10:17 Diperbarui: 8 Februari 2025   10:41 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rebranding UMKM: Sugihrejo Menuju Desa Wirausaha [Dok. Kelompok 15 KKN-T PM UNIPMA

"Rebranding UMKM: Sugihrejo Menuju Desa Wirausaha" KKN-T PM KELOMPOK 15

Pada tanggal 13 Januari 2025, Kelompok KKN-T PM Kelompok 15 Universitas PGRI Madiun mengadakan kegiatan pendampingan survei UMKM di Desa Sugihrejo. Kegiatan ini merupakan Program Kerja Proyek Desa yang bertujuan untuk mengidentifikasi UMKM dengan potensi besar yang belum memiliki branding yang kuat. Salah satu kendala yang ditemukan adalah pemasaran produk yang hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, sehingga kurang dikenal secara luas.

Melalui program Rebranding Usaha, Program Kerja Proyek Desa KKN-T PM Kelompok 15 Desa Sugihrejo membantu memperkuat identitas UMKM dengan membuat slogan produk, desain stiker, dan banner sebagai media promosi yang efektif. Program ini diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing produk UMKM.

Tiga UMKM yang menjadi fokus dalam program ini adalah:

Rebranding UMKM: Sugihrejo Menuju Desa Wirausaha [Dok. Kelompok 15 KKN-T PM UNIPMA
Rebranding UMKM: Sugihrejo Menuju Desa Wirausaha [Dok. Kelompok 15 KKN-T PM UNIPMA

1. Lempeng Pak Jaiman

Lempeng Pak Jaiman memproduksi lempeng dalam dua varian, yaitu matang dan mentah. Produk ini diproduksi setiap hari dan dipasarkan di warung-warung serta dijual kepada pemasok kerupuk di sekitar desa. Dengan rasa yang gurih dan tekstur yang renyah, produk ini memiliki potensi besar untuk berkembang lebih luas.

Rebranding UMKM: Sugihrejo Menuju Desa Wirausaha [Dok. Kelompok 15 KKN-T PM UNIPMA
Rebranding UMKM: Sugihrejo Menuju Desa Wirausaha [Dok. Kelompok 15 KKN-T PM UNIPMA

2. Lempeng Pak Hariyadi

Berbeda dengan Lempeng Pak Jaiman, Lempeng Pak Hariyadi hanya memproduksi lempeng matang dan tidak setiap hari melakukan produksi. Produk ini juga dipasarkan di warung-warung sekitar desa. Meskipun dengan skala produksi yang lebih terbatas, lempeng Pak Hariyadi memiliki cita rasa khas yang diminati masyarakat lokal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun