"Rebranding UMKM: Sugihrejo Menuju Desa Wirausaha" KKN-T PM KELOMPOK 15
Pada tanggal 13 Januari 2025, Kelompok KKN-T PM Kelompok 15 Universitas PGRI Madiun mengadakan kegiatan pendampingan survei UMKM di Desa Sugihrejo. Kegiatan ini merupakan Program Kerja Proyek Desa yang bertujuan untuk mengidentifikasi UMKM dengan potensi besar yang belum memiliki branding yang kuat. Salah satu kendala yang ditemukan adalah pemasaran produk yang hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, sehingga kurang dikenal secara luas.
Melalui program Rebranding Usaha, Program Kerja Proyek Desa KKN-T PM Kelompok 15 Desa Sugihrejo membantu memperkuat identitas UMKM dengan membuat slogan produk, desain stiker, dan banner sebagai media promosi yang efektif. Program ini diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing produk UMKM.
Tiga UMKM yang menjadi fokus dalam program ini adalah:
1. Lempeng Pak Jaiman
Lempeng Pak Jaiman memproduksi lempeng dalam dua varian, yaitu matang dan mentah. Produk ini diproduksi setiap hari dan dipasarkan di warung-warung serta dijual kepada pemasok kerupuk di sekitar desa. Dengan rasa yang gurih dan tekstur yang renyah, produk ini memiliki potensi besar untuk berkembang lebih luas.
2. Lempeng Pak Hariyadi
Berbeda dengan Lempeng Pak Jaiman, Lempeng Pak Hariyadi hanya memproduksi lempeng matang dan tidak setiap hari melakukan produksi. Produk ini juga dipasarkan di warung-warung sekitar desa. Meskipun dengan skala produksi yang lebih terbatas, lempeng Pak Hariyadi memiliki cita rasa khas yang diminati masyarakat lokal.