Mohon tunggu...
Raafiud D. Mikada
Raafiud D. Mikada Mohon Tunggu... -

Anak ke3 dari keluarga MIKADA | Ketoprak Addict | Football Player | Murah Tertawa | Do'i Nya Nindya Nur Keumala

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Organisasi Yang Baik Dengan Komunikasi yang Benar

16 Juni 2014   06:14 Diperbarui: 4 April 2017   17:23 2154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dalam sebuah organisasi harus berkomunikasi dengan baik agar organisasi tersebut dapat berjalan lancar tanpa kendala dan membuat organisasi tersebut menjadi lebih baik dan leih baik lagi dari sebelumnya. maka dari itu pahami lah komunikasi dala berorganisasi.

Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi Komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi. Isinya berupa cara kerja di dalam organisasi, produktivitas, dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dalam organisasi. Misalnya: memo, kebijakan, pernyataan, jumpa pers, dan surat-surat resmi. Adapun komunikasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual. Ada 3 fungsi komunikasi dalam berorganisasi :

a. Fungsi perintah berkenaan dengan angota-anggota organisasi mempunyai hak dan kewajiban membicarakan, menerima, menafsirkan dan bertindak atas suatu perintah

b. Fungsi relasional berkenaan dengan komunikasi memperbolehkan anggota-anggota menciptakan dan mempertahankan bisnis produktif hubungan personal dengan anggota organisasi lain.

c. Fungsi manajemen ambigu berkenaan dengan pilihan dalam situasi organisasi sering dibuat dalam keadaan yang sangat ambigu. Misal: motivasi berganda muncul karena pilihan yang diambil akan mempengaruhi rekan kerja dan organisasi, demikian juga diri sendiri; tujuan organisasi tidak jelas dan konteks yang mengharuskan adanya pilihan tersebut adanya pilihan tersebut mungkin tidak jelas.

Maka dari itu komunikasi dalam berorganisasi menjadi salah satu cara membuat organisasi tersebut menjadi lebih baik dan lancar. Jadi komunikasi itu dapat digunakan dalam semua hal yang terjadi di kehidupan kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun