Mohon tunggu...
Quizzen
Quizzen Mohon Tunggu... Peternak - Mahasiswa

Kami merupakan salah-satu kelompok mahasiswa yang sedang melakukan pemenuhan tugas mata kuliah.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Keindahan Coban Pelangi Memiliki Keunikan dalam Meningkatkan Pengunjung Wisatawan

21 November 2023   20:16 Diperbarui: 21 November 2023   21:06 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: Dokumen Pribadi 

Dalam memenuhi tugas praktikum ekowisata, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dari Program Studi Kehutanan kelompok quizzen sedang melakukan kegiatan penggalian potensi wisata coban pelangi. Dengan beranggotakan Khoirul Ahmad Al F., Adela Viorela F., M. Haziiz, Ugra Gumilang B. U., dan Elvira Saputri. 

Coban Pelangi merupakan tempat wisata berupa air terjun yang berada di Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tempat ini berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Malang. Wisata Coba Pelangi dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang dan masuk wilayah kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. 

Sumber Foto: Dokumen Pribadi
Sumber Foto: Dokumen Pribadi

Air terjun ini berada di ketinggian 1299,5 m di kaki Gunung Semeru. Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang sejuk dengan alamnya yang alami dan dihiasi pepohonan yang rimbun. Suhu udara di kawasan ini berkisar 19-23C. 

Fenomena pelangi di wisata air terjun ini menjadi alasan kedatangan para pengunjung. Munculnya keindahan pelangi, hanya pada jam tertentu. Sehingga, pengunjung direkomendasikan untuk datang ada pukul 10.00-14.00 WIB. 

Selain itu dalam pengunjungi Wisata Coban Pelangi terdapat keseruan dari kegiatan rafting dan river tubing yang dapat dicoba oleh para wisatawan. 

Sumber Foto: Dokumen Pribadi
Sumber Foto: Dokumen Pribadi

Sumber Foto: Dokumen Pribadi
Sumber Foto: Dokumen Pribadi

Harga tiket wisata ini sangat dijangkau, pada hari kerja tiket masuk hanya Rp10.000/orang. Namun, pada akhir pekan tiket masuk Rp15.000/orang. Jam buka operasional mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. 

Fasilitas yang tersedia meliputi tempat parkir kendaraan yang luas, warung makan, toilet, hingga musholah. Selain itu juga terdapat gazebo yang dijadikan tempat istirahat oleh para pengunjung. 

Sumber Foto: Dokumen Pribadi
Sumber Foto: Dokumen Pribadi

Pengunjung dapat menikmati keindahan wisata coban pelangi dengan berswafoto, menunggangi kuda, hingga camping di kawasan air terjun. Para pengunjung disarankan menggunakan pakaian tebal atau jaket dan diharapkan tetap menjaga kebersihan di area wisata coban pelangi. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun