Mohon tunggu...
Queen An
Queen An Mohon Tunggu... Pemanah dan Penulis

Wanita sederhana yang punya mimpi besar. Menjadi pribadi yang berarti, memberi warna dalam setiap perjalanan kehidupan dan menjadi jalan bagi kebahagiaan orang lain. If you believe in yourself then everything will be possible

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

10 Adab Bertamu yang Tidak Boleh Diabaikan

15 April 2021   08:06 Diperbarui: 15 April 2021   08:29 149 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
10 Adab Bertamu yang Tidak Boleh Diabaikan
Sumber: Ilmusiana.com

10 Adab Bertamu yang Tidak Boleh Diabaikan

By Queen

Hai, Muslimah!

Islam sudah mengatur tentang segala hal, termasuk tata cara bertamu ke rumah seseorang.  Meskipun begitu, adab tersebut sering kali diabaikan. Adab itu indah jika dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Bertemu dan berbicara dengan orang lain adalah salah satu cara untuk berkomunikasi. Adapun bertamu kerumah seseeorang adalah cara  bersilaturahmi yang diajarkan oleh Rasulullah saw. Akan tetapi, sering juga kita menyaksikan dan mengalami sendiri bagaimana orang lain memasuki rumah kita.

Bagaimana  dengan cara Anda ketika bertamu k erumah seseorang? Apakah selonong boy? Selonong boy  adalah sebuah istilah yang sering digunakan di kalangan masyarakat yang ditujukan kepada orang-orang yang sering masuk ke rumah dengan seenaknya. Hal ini biasanya  terjadi  hanya kepada orang-orang yang sudah dianggap dekat sekali atau bisa juga karena suatu kebiasaan yang  dilakukan oleh orang tersebut.

Bagaimana adab bertamu seperti itu menurut Anda? Tentu ada pro dan kontra tergantung, pada sudut pandang masing-masing. Sebuah nasihat bijak mengatakan, "Sebaiknya ketika kita bertamu ke rumah seseorang, maka masuklah dengan mata tertutup, lalu keluar dengan mulut terkunci." Ada makna yang dalam di balik nasihat tersebut. Ketika kita masuk ke rumah seseorang, mata harus dijaga agar tidak berkeliaran ke sana kemari dengan menjelajah seisi ruangan. Begitupun  saat keluar jamgan membicarakan isi rumah seseorang karena kita tidak tahu mungkin di dalam rumah tersebut ada sesuatu yang tidak ingin diketahui oleh orang lain atau memang tidak diizinkan oleh pemiliknya.

Perhatikan adab-adab saat bertamu karena sebagai tamu kita adalah seorang raja yang akan dimuliakan oleh penghuninya. Oleh karena itu, kita harus tetap menjaga kewibawaan sebagaimana  layaknya seorang raja di hadapan orang lain. Niatkan bahwa kunjungan kita ke rumah seseorang adalah dengan niat yang baik untuk bersilaturahmi dan menebarkan kebaikan.

Berikut 10 Adab bertamu yang sering diabaikan

1.  Mengetuk Pintu

Saat kita datang ke rumah seseorang, terlebih dahulu ketuklah pintu dengan lembut.  Jika setelah tiga kali tidak ada sahutan atau jawaban dari dalam rumah tersebut, tinggalkan rumah itu dan kunjungi kembali di lain waktu. Jangan juga berusaha untuk melihat ke dalam rumah melalui jendela. Tetaplah menjaga pandangan.    

2.  Mengucapkan Salam

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN