Mohon tunggu...
Queen Quantum
Queen Quantum Mohon Tunggu... Penulis - Pelajar

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Sosial Media Twitter sebagai Media Aspirasi Opini Politik

12 Agustus 2022   16:00 Diperbarui: 12 Agustus 2022   16:32 151 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: Unsplash

Twitter merupakan salah satu sosial media yang banyak digunakan oleh masyarakayat di Indonesia. Banyak diantara masyarakat di Indonesia yang mencurahkan segala bentuk keluh kesah mereka melalui twitter. Hampir setiap saat setiap orang menggunakan twitter tersebut untuk menumpahkan apa yang ada di dalam pikiran mereka. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa twitter adalah sosial media yang cukup digandrungi bagi banyak kalangan.

Saat ini, setiap orang dengan segala usia bebas menggunakan twitter. Baik menggunakan nama asli mereka maupun menggunakan nama lain. Mereka menggunakan nama lain untuk dapat mengungkapkan pendapat mereka dengan bebas tanpa diketahui nama aslinya. Hal tersebut mungkin menjadi sangat buruk apabila diteruskan dan menjadi baik apabila dikelola dengan baik.

Salah satu bentuk pengelolaan baik yang dimaksud adalah yang dapat dilakukan oleh pemerintah. Sudah seharusnya pemerintah memberikan wadah yang baik dan teratur untuk memberikan ruang kepada masyarakat umum dalam memberikan alur yang jelas kepada masyarakat. 

Misalnya, dengan memberikan fitur tag kepada akun tertentu yang ditujukan kepada instansi pemerintah. Dimana akun tersebut merupakan akun yang dimiliki pemerintah dan dikelola yang baik oleh pemerintah itu sendiri.

Pengelolaan yang baik tidak hanya memberikan fitur tag saja, melainkan memberikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat sebagai bentuk transparasi pemerintah kepada masyarakat itu sendiri. Hal tersebut tentulah bermanfaat karena dengan begitu masyarakat dapat mengerti apa saja yang dilakukan oleh pemerintah.

Tidak hanya manfaat itu saja, pemberitahuan tersebut memberikan wadah kepada masyarakat untuk meluangkan aspirasi mereka secara dua arah. Sehingga, baik pemerintah maupun masyarakat umum dapat dengan mudah untuk saling memberikan pendapat satu sama lain demi keberhasilan dan kemajuan suatu negara.

Tentunya, penting bagi setiap orang untuk bisa saling menerima pendapat. Terlebih, pemerintah merupakan instansi yang diwajibkan untuk mengurus masyarakat sipil. 

Dengan adanya fitur aspirasi pada sosial media twitter, tentu akan membuat masyarakat dapat membuat program yang sesuai dengan apa yang masyarakat inginkan dan tentu saja masyarakat bisa langsung mengetahui respon dari masyarakat itu sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan