Mohon tunggu...
Viaulia qoriana
Viaulia qoriana Mohon Tunggu... ..

Dalam dunia yang penuh kekhawatiran, jadilah pejuang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Indonesia Darurat Demokrasi?

29 November 2020   00:07 Diperbarui: 29 November 2020   00:14 150 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Indonesia Darurat Demokrasi?
thejakartapost.com

Apa sih DEMOKRASI ITU?

Demokrasi adalah gagasan yang mengutamakan hak kebebasan, kesamaan dan keadilan. Sistem pemerintahan di Indonesia yaitu demokrasi. Demokrasi yang dianut saat ini  oleh Indonesia adalah demokrasi pancasila demokrasi ini menganut nilai religius,  kemanusiaan, persatuan, keadilan rakyat yang diharapkan akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju, seperti yang tertera pada sila ke-4 yaitu kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Menurut pandangan saya pada saat ini demokrasi di Indonesia menurun, suara rakyat sudah tidak terlalu di dengarkan oleh para pemerintah. Pemerintah saat ini juga kian tidak memperdulikan masyarakat sipil sehingga berbagai proses penyusunan undang-undang seperti revisi UU KPK, dan peraturan lainnya, dia nilai tidak melibatkan masyarakat luas. 

Pemerintah bahkan dinilai tidak mendengarkan berbagai suara penolakan terhadap rancangan peraturan yang tengah disusun Bersama DPR. Seperti kejadian akhir-akhir ini karena ketidakadilan dan ketegasan yang di dapat dari pemerintah membuat rakyat indonesia bertindak sendiri dengan cara berdemonstrasi dengan tujuan menuntut keadilan dan banyak juga yang sampai berbuat kerusuhan dengan bertindak kekerasan dan merusak fasilitas umum karena kekecewaanya terhadap pemerintahan yang dijalankan di Indonesia saat ini. 

Memang benar warga negara memiliki kebebasan dalam menyampaikan aspirasinya itu hal yang wajar tetapi, menurut saya jika sampai merusak fasilitas umum itu tidak benar itu bukan membantu bangsa ini tetapi malah merugikan. 

Taukah anda ? Demokrasi harus dipahami dengan benar agar semua masyarakat bisa menggunakannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan sebaik-baiknya.

Demokrasi musti diartikan dan diterapkan sebagai sebuah hak yang bebas dan bertanggung jawab, yaitu kebebasan tetapi  memiliki aturan main yang jelas sehingga si kuat tidak menindas si lemah. 

Kebebasan yang tidak menghasilkan perpecahan tetapi kesepakatan. Bayangkan saja apa bila prinsip-prinsip negara demokrasi tidak saling terintegritas. Ya, pasti negara akan kacau dan demokrasi tidak akan berjalan dengan lancar.

PRINSIP-PRINSIP DEMOKRASI DI INDONESIA

Untuk dapat melaksanakan demokrasi dengan baik, terlebih dahulu rakyat, terutama pada pelaksana kekuasaan, harus mengetahui dan memahami dengan baik prinsip-prinsip demokrasi yaitu sebagai berikut:

1. Pemilik negara adalah rakyat, sehingga otoritas rakyatlah yang memiliki kekuaasaan tertinggi. Oleh sebab itu, setiap warga negara memiliki hak untuk turut serta memilih wakil-wakil rakyat yang akan mewakilinya dalam memegang kekuasaan tertinggi, dan juga memiliki hak untuk bisa dipilih bagi jabatan tersebut atau jabatan dibidang kekuasaan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x