Mohon tunggu...
Qiqi NurIndah
Qiqi NurIndah Mohon Tunggu... Freelancer - Hi!

I'm still working on My Masterpiece

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

5 Jajanan Manis Khas Jogja, Mana yang Jadi Favoritmu?

26 Juni 2021   15:45 Diperbarui: 26 Juni 2021   16:31 129 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Jajanan Manis Khas Jogja, Mana yang Jadi Favoritmu?
5 Jajanan Manis Khas Jogja, Mana yang Jadi Favoritmu? (Source: Thejakartapost)

Terkenal dengan kuliner gudegnya yang ikonik hingga dikenal dengan sebutan Kota Gudeg, Jogja memiliki beragam jajajan manis yang tidak kalah menggoda.  Jajanan manis khas Jogja ini bisa dijadikan alternatif untuk oleh-oleh atau camilan di waktu senggang.

Bagi kamu yang pernah ke Jogja atau mendapat oleh-oleh makanan khas Jogja, tentu tidak asing lagi dengan jajanan manisnya.  Apa saja sih jajanan manis khas Jogja yang cocok untuk menemani momen santai kamu?  Yuk, simak baik-baik ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Nasi Gandul sebagai Ikonik Kota Pati

Bakpia

Salah satu makanan khas Jogja yang sering dijadikan oleh-oleh adalah bakpia.  Jajanan ini memiliki cita rasa yang manis dengan berbagai macam varian isi di dalamnya.  Mulai dari kumbu hitam, keju, hingga kacang hijau.

Dalam perkembangannya, isi bakpia bukan hanya terbatas pada kumbu hitam dan kacang hijau saja, tetap juga varian rasa lainnya yang kekinian.  Seperti nanas, ubi ungu, cokelat, green tea, durian hingga varian bakpia kukus yang tidak kalah enak.

Yangko

Makanan tradisional dari daerah Kotagede Jogja ini menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa pulang saat liburan ke Kota Jogja.  Jajanan manis khas Jogja ini terbuat dari tepung ketan, gula dan kacang yang digiling. 

Sensasi rasanya kenyal dan manis dengan variasi warna yang cukup beragam.  Warna pada yangko ini disesuaikan dengan rasa di dalamnya sehingga kamu bisa menikmati berbagai rasa yang berbeda.

Baca Juga: Abangan, Intip Makanan Khas Pundong

Kipo

Jajanan ini memiliki tekstur yang kenyal karena terbuat dari tepung ketan, rasanya pun legit karena diisi dengan enten-enten atau parutan kelapa dan gula Jawa.  Kipo sendiri merupakan singkatan dari kata "iki opo" yang artinya ini apa, cukup unik ya namanya.

Jajanan tradisional ini memiliki cita rasa manis yang sangat khas, karena dalam pembuatannya kipo dipanggang dengan alas daun pisang.  Aroma dan rasa Kipo yang khas inilah yang membuat Kipo banyak dicari oleh wisatawan.

Geplak

Makanan manis khas Jogja ini berasal dari Kabupaten Bantul dan memiliki warna-warni yang cerah yang sangat menarik.  Jajanan tradisional ini terbuat dari parutan kelapa, gula dan tepung ketan dengan rasa legit yang menggoda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x