Mohon tunggu...
Qiqi NurIndah
Qiqi NurIndah Mohon Tunggu... Hi!

I'm still working on My Masterpiece

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

5 Alasan Kenapa Anak Muda Harus Bangga Pakai Batik!

17 Juni 2021   12:14 Diperbarui: 17 Juni 2021   12:22 95 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Alasan Kenapa Anak Muda Harus Bangga Pakai Batik!
5 Alasan Kenapa Harus Bangga Pakai Batik! (Source: Instagram/Maudy Ayunda)

Batik merupakan seni tradisional Indonesia yang telah mendunia. Batik merupakan warisan dunia dari Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO pada tahun 2009 silam. Tidak heran jika banyak kalangan dari masyarakat Indonesia bahkan mancanegara juga memakai busana batik

Batik dibuat dari selembar kain yang digambar melalui teknik-teknik khusus hingga menciptakan suatu pola-pola gambar tertentu. Pola tersebut biasanya disandingkan dengan filosofi hingga adat istiadat dan kepercayaan. Ada yang melambangkan kesejahteraan, kebebasan, kepolosan, dan sebagainya. 

Sehingga dengan keunikan tersebut, menjadi daya tarik tersendiri untuk seseorang dalam mengenakan busana batik. Tidak hanya kalangan umum saja. Umumnya batik sudah diperkenalkan sejak taman kanak-kanak, sekolah dasar, hingga menengah ke atas. 

Hal tersebut dibuktikan dengan seragam almamater sekolah yang umumnya dibuat bercorak batik. Sebagai anak muda yang menjadi penerus bangsa, seharusnya juga antusias dalam memakai busana batik. Tidak melulu mengikuti tren masa kini dengan seabrek gaya selebriti. Inilah beberapa alasan mengapa kamu harus bangga memakai busana batik.

Baca Juga: Tren Berkain Bersama Menggunakan Batik Jadi Gaya Baru di Kalangan Anak Muda

Ikut melestarikan budaya Indonesia

Apakah kalian hanya berbangga diri dengan mengikuti fashion masa kini yang kebanyakan dipelopori oleh para selebriti? Lalu bagaimana dengan warisan nusantara? Seharusnya hal ini memiliki keunikan tersendiri bagi kamu para pemuda pemudinya. Dengan mengenakan busana batik, tentunya kamu juga turut berpartisipasi melestarikan budaya Indonesia. Banyak sekali motif-motif batik kekinian yang tersedia di pasaran. Sehingga, kalangan remaja pun bisa memakainya dengan tetap terlihat stylish.

Membangkitkan semangat Nasionalisme

Alasan kedua mengapa kamu harus bangga mengenakan batik adalah semangat nasionalisme. Dengan memakai batik, tentu saja hal tersebut mencerminkan identitas dirinya, identitas dirinya adalah identitas bangsanya. Secara tidak sadar, dengan memakai batik membuat kamu membangkitkan semangat nasionalisme di hati masing-masing orang yang memakainya. Selain itu, dengan memakai batik, berarti kamu bangga dengan budaya para leluhurnya. Tentu hal yang baik bukan?

Baca Juga: Asiknya Belajar Membatik Gerabah di Bayat, Klaten

Membuat Indonesia bersinar di mata dunia

Bayangkan saja, ketika kamu misalnya sedang mengikuti lomba atau event di luar negeri dan memakai busana batik. Secara langsung, kalian telah mengenalkan warisan luhur budaya kita kepada dunia. Hal ini tentu menjadikan kebanggan tersendiri bagi pemakainya. 

Tidak hanya itu, saat ini banyak turis mancanegara yang mampir ke Indonesia dan membeli kain batik untuk dibawa pulang ke negaranya. Ada pula  turis mancanegara yang mengadakan seminar di Indonesia dengan mengenakan batik dalam acaranya. Bukankah sebenarnya hal tersebut membuat kita bangga bahwa warisan negara kita bersinar di mata dunia?

Menggunakan batik tidak akan mati gaya

Karena batik memiliki banyak sekali motif dan warna, jelas saja membuat kamu lebih mudah untuk padu-padankan dengan apapun. Dengan mengenakan outfit batik ke kampus, siap-siap saja menjadi sorotan karena akan lebih kece dari yang lain saat dipakai. Kamu bisa memadukan dengan jeans, celana chino, atau bahkan rok polos. Di jamin akan tetap terlihat stylish saat dipakai. Jadi, pakai batik tidak melulu akan pergi ke kondangan ya!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN