Mohon tunggu...
Qiqi NurIndah
Qiqi NurIndah Mohon Tunggu... Freelancer - Hi!

I'm still working on My Masterpiece

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Manfaat Makanan Pedas yang Harus Kamu Tahu!

7 Juni 2021   23:04 Diperbarui: 7 Juni 2021   23:05 374 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Makanan Pedas yang Harus Kamu Tahu!
manfaat makana pedas yang mungkin baru kamu tahu (Source: Pixabay/Jellwellington)

Seperti kebanyakan kata orang, makanan tidak nikmat tanpa sambal. Ya, itu banyak sekali dilontarkan oleh pecinta makanan pedas. Terlebih di Indonesia, semakin pedas sambalmu, semakin Indonesia lidahmu. 

Selama ini yang beredar di masyarakat adalah bahaya konsumsi makanan pedas. Namun, nyatanya manfaat makanan pedas jarang diketahui sebagian orang.

Makanan pedas memiliki kenikmatan tersendiri bagi pecintanya. Selain mengacu adrenalin, makanan pedas juga dapat mengurangi resiko stress berkepanjangan. 

Bahkan beberapa penelitian juga mengungkapkan hal itu. Lalu, apa saja manfaat makanan pedas bagi tubuh? Yuk simak bacaan ini!

Menurunkan berat badan

Makanan pedas umumnya terbuat dari cabai. Cabai sendiri mengandung capsaicin yaitu senyawa bioaktif yang memiliki banyak manfaat untuk mencegah infeksi. Selain itu performa sistem imun tubuh akan meningkat apabila mengonsumsi cabai, namun tetap dalam proporsi yang wajar.

 Peningkatan kerja metabolisme ini, dipercaya dapat mengurangi kadar kalori dalam tubuh lewat keringat yang dikeluarkan. Sehingga tidak heran apabila jika mengonsumsi makanan pedas, keringat yang dikeluarkan akan meningkat.

Kesehatan jantung yang lebih baik

Seperti yang telah dijelaskan, capaisin dalam cabai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga baik untuk performa jantung. Sensasi hangat capaisin, dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga aliran darah menjadi normal. 

Dalam penelitian lain, capaisin yang terkandung dalam cabai juga mampu mengencerkan pembekuan darah lho!

Umur Panjang

Penelitian besar di Cina mengungkapkan bahwa seseorang yang banyak mengonsumsi makanan pedas, berpotensi memiliki umur yang panjang. Meski belum ada penelitian lebih lanjut, jika dikaitkan dengan manfaat-manfaat yang didapat dari mengkonsumsi cabai sangatlah baik. 

Namun disarankan agar tetap dalam batasan normal untuk mengkonsumsi makanan pedas ya!

Meringankan sinusitis

Pasti pecinta makanan pedas pernah merasakan hidung berair apabila mengonsumsi makanan pedas. Semakin pedas makanan kalian, semakin berair pula hidungnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN