Mohon tunggu...
Qeis Nur Maulana
Qeis Nur Maulana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Editorku Terbaik
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Memberikan yang terbaik bagi keluarga, pasangan dan masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Hasil Panen Melimpah, Begini Metode Pemupukan yang Benar

6 Desember 2022   16:37 Diperbarui: 6 Desember 2022   16:46 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Jakarta - Pemupukan merupakan unsur penting dari menanam tanaman, tak terkecuali padi. Apalagi padi menjadi salah satu bahan pangan yang paling dicari di Tanah Air.

Karena itu, agar tanaman padimu tumbuh baik, berikut direkomendasikan oleh ahli pertanian yang bisa kamu terapkan.

Hasil panen yang melimpah merupakan harapan setiap petani.  Maka, agar mendapatkan hasil yang baik tentunya perlu usaha yang keras.

Terutama berkenaan dengan pemeliharaan tanaman dan pengolahan tanah. Bila tanah subur dan tanamanmu berasal dari benih yang bagus, maka kemungkinan besar kamu akan mendapatkan hasil panen yang baik.

Tetapi saat ini hampir semua tanah perlu perlakuan tertentu agar hasil panen baik. Semua itu karena kadar hara dan mineral tanah menyusut.

Apalagi jika kamu hanya menanam satu jenis tanaman saja. Perawatan tanah melalui pemupukan yaitu hal yang sangat penting. Alasannya semakin subur tanah yang kamu gunakan menanam padi, maka hasil panen pun dapat melimpah.

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin memupuk tanaman padi. Hal ini bertujuan agar tanaman tumbuh subur.

Sebab, jika kamu salah dalam proses pemupukan malah bisa membuat tanaman mati. Parahnya malah bisa membuat tanah semakin tandus dan rusak berat.

Sebagai seorang petani yang menggantungkan hidup dari hasil sawah, tentunya kamu tak ingin hal ini sampai terjadi.  Sebaiknya perhatikan baik-baik beberapa tips ini.

Pertama, agar tanaman  subur, kamu dapat memberikan pupuk, di antaranya adalah Urea, KCL, ZA, SP, MKP dan juga NPK seperti N-Zym spesial.

Kelebihan Pupuk N-Zym Spesial yakni pupuk ini merupakan pupuk NPK cair selain dilengkapi dengan pupuk mikro, pupuk ini juga dilengkapi dengan perekat dan zat pengatur tumbuh. Sehingga penggunaan bersama insektisida dan fungisida sangat efektif dan maksimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun