Mohon tunggu...
Qatrunnada Rafifa
Qatrunnada Rafifa Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis yang masih belajar menulis

Saya seorang penulis amatir. Disini saya ingin belajar menjadi penulis yang lebih baik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hijab Zaman Modern Yang Melilit Leher Muslimah

5 Desember 2022   04:26 Diperbarui: 5 Desember 2022   04:36 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cr:pinterest/Izii Outfit

Kita sebagai seorang muslim berkewajiban untuk menutup aurat. Muslimah memiliki hakikat istimewa dari awal bahkan didalam al quran terdapat surah yang berartikan wanita. Dengan hakikat tersebut hendaklah seorang muslimah menjaga dirinya dan salah satunya dengan menutup aurat.Allah memperintahkan kita untuk menutup aurat sebagai mana firmannya surah AlAhzab ayat 59.
59. Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, "Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Seluruh bagian dari tubuh muslimah adalah auratnya kecuali wajah dan telapak tangannya, bahkan telapak  kaki termasuk aurat seorang muslimah. Maka dari itu bukan sesuatu yang aneh bila seorang muslimah memakai pakaian syari sesuai dengan tuntunannya.
Bukan seorang teroris jika kita melihat muslimah yang benar benar syari untuk menjaga badannya.  

Tujuan kita menutup aurat ini untuk menghindarkan fitnah dari lawan jenis. Sedangkan perintah menggunakan jilbab untuk melindungi perempuan dan memuliakannya.    

Untuk sampai bisa menutup aurat, pastinya terdapat syarat syarat diantaranya : pakaian tidak boleh terawang, tidak boleh menggunakan parfum, pakaian wanita tidak boleh sempit.

Oh iya, saat berpakaian sesuai dengan syariat islam, jangan berpunuk ketika berjilbab. Punuklah yang menghalangi kita untuk menuju syurga nya Allah. Dengan kita berpunuk jangan masuk syurga, mencium aroma syurga saja kita tidak akan bisa. Nauzubillahiminzalik.

Dizaman ini juga banyak wanita yang melilitkan jilbabnya ke leher mereka. Padahal Allah menyuruh kita untuk memanjangkan hijab kita agar menutupi tubuh kita. Maka dari itu julurkanlah jilbab pashmina dan segitiga agar dada dapat tertutup.

Memilih pakaian juga bagian penting dalam memakai hijab. Banyak para muslimah yang menggunakan pakaian ketat bahkan sampai membantuk lekukan tubuh. Mulailah perlahan lahan untuk memperbaiki kesalah kesalahan dalam berpakaian.

Kita sebagai seorang muslimah diperbolehkan untuk mengikuti trend berpakaian masa kini, namun kita harus tetap mengutamakan syariat agama islam.

Contohnya, ketika hendak mengikuti gaya berpakaian yang menggunakan baju berlengan tiga per empat, seorang perempuan dapat melengkapinya menggunakan manset tangan. Jangan sampai kita lalai hanya karena mengikuti trend berpakaian. Mari bersama sama kita lebih dekat kepada Allah dengan taat kepada perintahNya untuk menutup aurat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun