Mohon tunggu...
Putri Wulandari
Putri Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - random

putriwulandari22022000@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Shark: The Beginning, Siswa yang Bangkit dari Bullying di Penjara

10 November 2022   18:00 Diperbarui: 10 November 2022   18:02 274
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cha Woo Sol (sumber: The Fangirl Verdict)

Film adalah salah satu media massa yang menjadi cerminan dari isu sosial yang terjadi di masyarakat. Kondisi ekonomi, politik, sejarah, realita pekerja, hingga bullying dapat diamati dengan jelas lewat sebuah film.

Salah satu film dengan tema bullying atau perundungan yang bisa saya rekomendasikan adalah Shark: The Beginning.

Film Shark: The Beginning adalah salah satu film yang mengangkat tema perundungan di sekolah yang berakibat fatal. Film ini diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama dan tayang tahun 2021. Film ni bercerita tentang seorang murid sekolah menengah bernama Cha Woo Sol (diperankan Kim Min Seok) yang selalu dibully oleh salah satu teman sekelasnya yang bernama Bae Seok Chan (diperankan Jeong Won Chang). 

Karena terus-terus di-bully, Woo Sol merasa sudah mencapai batasnya dan melawan. Namun, perlawanannya ini berakibat fatal. Ia tidak sengaja menusuk mata Seok Chan yang menyebabkan dirinya harus masuk ke penjara remaja.

Woo Sol dan Seok Chan bertemu (sumber: The Kraze)
Woo Sol dan Seok Chan bertemu (sumber: The Kraze)

Woo Sol kira, masuk penjara akan membuat dirinya aman. Tapi ternyata ia salah besar. Ia malah di-bully semakin parah oleh para narapidana yang lain yang tentunya lebih kuat. Ia terus-terusan menjadi sasaran perundungan karena terlihat lemah dan menolong narapidana lain yang dirundung. Ia juga mendapatkan kunjungan dari Seok Chan. Ia mendapatkan ancaman dan pembalasan dendam setelah keluar penjara dari Seok Chan karena telah dibuat buta.

Dalam penjara tersebut, Woo Sol bertemu dengan Jeong Do Hyeon (Wi Ha Joon) yang merupakan seorang mantan petarung MMA. Ia seperti mendapatkan angin segar karena melihat Do Hyeon bisa mengalahkan salah satu narapidana dengan satu pukulan. 

Namun, mendapatkan bantuan Do Hyeon bukan perkara mudah. Ia terus memohon sembari berlatih dengan keras. Walaupun sudah berlatih dan semakin kuat, ada satu hal yang dilupakan oleh Woo Sol, ketakutan mentalnya bertemu Seok Chan. Tanpa sadar, rasa takut ini membuat mentalnya kian lemah dan menimbulkan trauma mendalam.

Keluar dari Belenggu Bullying

Selama berada di dalam penjara, Woo Sol berusaha keluar dari belenggu bullying yang ia alami sejak lama. Secara fisik maupun mental. Ia berusaha keras menjadi lebih kuat. Berolahraga terus menerus dan belajar berbagai teknik bela diri dari Do Hyeon menjadi kesehariannya. Ia juga harus melawan berbagai jenis narapidana di dalam penjara. Puluhan perkelahian ia lakukan, tanpa ampun. 

latihan fisik Woo Sol dan Do Hyeon (sumber: Dreamers.id)
latihan fisik Woo Sol dan Do Hyeon (sumber: Dreamers.id)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun