Mohon tunggu...
Putri Wulandari
Putri Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Follow your heart, but take your brain with you

putriwulandari22022000@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tips Belajar untuk Sukses Ujian di Sekolah

16 September 2022   18:00 Diperbarui: 16 September 2022   18:03 122 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi mengerjakan ujian (sumber: Kompas Regional)

Ujian biasanya menjadi momok serius bagi siswa. Ajang evaluasi untuk menilai berapa jauh pengetahuan sudah dikuasai dan keterampilan yang sudah diperoleh ini seringkali menjadi tekanan yang lumayan berat. 

Tujuannya tentu sama, mendapatkan nilai yang bagus dan lulus ujian. Namun, mendapatkan hasil yang bagus juga bukan perkara mudah. Ada beberapa usaha yang harus dipersiapkan.

Berikut tips belajar agar sukses dalam ujian

  • Menentukan 'jam pintar'

Secara sederhana, jam pintar bisa diartikan sebagai jam produktif tubuh. Saat-saat dimana tubuh bisa fokus dan lingkungan belajar juga mendukung. Pada saat itu, kita bisa merasa semangat, gampang menyerap materi, dan lebih fokus belajar. 

Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkan jam pintar untuk belajar dengan lebih ekstra seperti mengerjakan latihan soal, mengerjakan tugas, me-review tugas yang sudah dinilai, atau sekedar membaca ulang materi yang akan diujikan.

  • Rutin mengerjakan latihan soal

Rutin mengerjakan soal adalah salah satu cara agar kita lebih paham dengan materi yang diujikan. Kita bisa mengerjakan soal yang ada di buku paket, latihan soal yang diberikan oleh guru, atau mencari latihan dari internet. Atau biasanya juga ada buku-buku latihan soal yang diperjualbelikan di toko buku, dan tinggal disesuaikan saja dengan tingkatan dan materi yang diujikan.

Dengan mengerjakan soal, kita bisa mengetahui di bagian mana kelemahan kita, atau materi yang belum kita pahami.

  • Mencatat atau membuat rangkuman materi

Ada banyak cara untuk lebih paham tentang isi materi ujian, salah satunya adalah dengan mencatat ulang. Kita bisa membaca ulang materi, dan menulis poin-poin pokok dalam kertas agar bisa lebih dipahami dan lebih mudah dibaca. Habis itu, tinggal dibaca-baca ulang deh catatan-nya.

  • Cari teman belajar

Belajar bersama secara online (sumber: Zoom Blog)
Belajar bersama secara online (sumber: Zoom Blog)

Motivasi dan semangat belajar bisa didapatkan dari mana saja. Salah satunya adalah melalui teman. Saat melihat orang lain belajar, secara tidak langsung kita juga akan termotivasi untuk belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan