Mohon tunggu...
Putu Ira Mahayani
Putu Ira Mahayani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Pantang Menyerah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Komunikasi Bisnis dalam Pemasaran

27 Januari 2022   18:00 Diperbarui: 27 Januari 2022   18:03 193 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  • Komunikasi dapat diartikan sebagai suatu komunikasi yang dilakukan secara verbal dan non verbal. Dalam komunikasi terdapat pendapat, ide, gagasan maupun informasi yang disampaikan untuk kepentingan bisnis misalnya pembuatan strategi bisnis. Pada prakteknya, komunikasi dapat dilakukan secara personal maupun impersonal. 

  • Dalam ketentuan perusahaan biasanya karyawan diharuskan bisa berkomunikasi dengan baik, baik antara atasan yang setingkat (komunikasi horizontal) ataupun antara atasan kepada bawahan ataupun sebaliknya (komunikasi vertical). 

  • Dari kondisi seperti itulah Komunikasi Bisnis sangat penting diterapkan kepada semua pelaku bisnis, baik sebagai atasan maupun bawahan.

  • Ada beberapa factor yang mempengaruhi Komunikasi Bisnis antara lain :
  • Persepsi dimana setiap komunikator harus mampu melakukan prediksi bahwa apa yang disampaikan akan mudah diterima dengan jelas oleh komunikan atau orang yang mendengarnya

  • Kredibilitas yaitu dalam setiap komunikator harus bisa meyakinkan kepada komunikan sehingga terjalin kepercayaan antar keduanya

  • Kecocokan karena dengan adanya kecocokan kedua belah pihak akan terjalin hubungan yang lebih baik dan menyenangkan sehingga terjadi rasa saling percaya dan nyaman

  • Ketepatan, sebelum berkomunikasi kepada komunikan, komunikator harus memiliki kerangka berfikir yang baik agar komunikasi bisa terjalin dan disampaikan secara tepat.

  • Pengendalian diri dalam komunikasi sangat penting karena komunikasi adalah proses memberikan umpan balik atau tanggapan terhadap lawan bicara terhadap suatu ide.

  • Dan semua hal diatas sangatlah penting dalam bidang pemasaran ketika kita menjalankan suatu bisnis. Dalam komunikasi, pemasaran tidak saja menjadi alat untuk melakukan kontak hubungan dengan para konsumen dan calon konsumen, namun komunikasi juga menjadi alat untuk menjamin dapat berhubungan dengan berbagai pihak yang berkepentingan terhadap suatu produk. 

  • Penggunaan media pada sebuah proses komunikasi perlu mempertimbangkan kemungkinan munculnya distorsi ataupun kendala yang muncul. Distorsi atau kendala dapat menyebabkan kegagalan dalam penyampaian informasi karena reaksi yang diperoleh  berbeda dari yang diharapkan oleh komunikator. 

  • Komunikasi Bisnis memiliki peran yang sangat penting dalam pemasaran produk untuk melakukan pencitraan (image) atas suatu merk tertentu. 

  • Selain itu Komunikasi Bisnis dapat mengembangkan kesadaran konsumen terhadap produk/jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan, sehingga konsumen dapat mengenal produk atau jasa yang ditawarkan, denga begitu dapat merangsang terjadinya penjualan.

  • Pada semester ini saya banyak mendapatkan ilmu terkait Komunikasi Bisnis sekaligus mengimplementasikannya secara langsung di lapangan. 

  • Saya dan beberapa rekan saya tergabung dalam kelompok UMKM yang dikenal dengan Bulhar Bugar yang bergerak dibidang produk herbal dengan menggunakan rempah-rempah alami yang dihasilkan dan didapatkan dari daerah kita sendiri melalui supply dari beberapa kelompok petani yang tergabung dalam Petani Muda Keren dan Komunitas Bali Unggul Harmony. Semua Bahan yang digunakan diproses secara alami dan manual sehingga sangat aman untuk digunakan.

  • Dalam pembagian kelompok kerja kami terdiri dari 3 bagian yaitu kelompok Hulu, Kelompok Produksi dan Kelompok Hilir. Kelompok Hulu adalah Kelompok yang bergerak untuk perolehan bahan baku untuk pembuatan produk Bulhar Bugar, dimulai dari menghubungi petani yang mensupply bahan pokoknya hingga pengecekan bahan-bahan pokok yang akan digunakan agar kualitasnya tetap terjaga. 

  • Kemudian ada yang disebut kelompok Produksi yaitu menangani tentang proses pembuatan produk Bulhar Bugar, mulai dari penghitungan biaya produksi, proses produksi hingga pengemasannya. Dan yang ketiga adalah bagian Hilir yaitu bagian marketing dan kebetulan saya berada di kelompok hilir yang mana bertugas memasarkan produk yang sudah dibuat. 

  • Dan dalam tahap ini ilmu Komunikasi Bisnis sangatlah penting dan diperlukan karena dari sini pencitraan produk akan sangat terbentuk. Komunikasi kita kepada konsumen ataupun calon konsumen akan menjadi penentu apakah produk kita akan mau dilirik, diminati ataupun dibeli oleh calon konsumen. 

  • Terkadang sebagai bagian marketing kita harus benar-benar memutar otak. Dimasa pandemic seperti sekarang kita harus bisa memposisikan diri sebagai seller agar bisa memberikan informasi yang memuaskan sehingga mampu menarik minat calon pembeli namun kita juga harus bisa mengerti akan kondisi pembeli disaat seperti sekarang ini, mereka memang memerlukan supplemen untuk menjaga kesehatan namun terganjal karena musim krisis akibat pandemic Covid-19. 

  • Pemberian diskon pada beberapa produk juga dilakukan demi dapat menarik minat konsumen serta menjaga perputaran produk di pasaran.

  • Dan beberapa waktu yang lalu tepatnya Jumat,21 Januari 2022 kami mengadakan Praktek Komunikasi Bisnis dengan tema 

  • "Mengangkat Produk Herbal Lokal Menjadi Produk Berkualitas Global" melalui media zoom meeting. Perlu usaha yang cukup banyak dari team kami mulai dari pembuatan undangan, mempersiapkan materi unuk pemaparan saat zoom meeting, mencari peserta yang mau diajak untuk mengikuti kegiatan zoom tersebut hingga pada pasca kegiatan membuat laporan hasil zoom tersebut. 

  • Bukan tanpa kendala kami dalam merancang acara tersebut. Kami berusaha membuat undangan yang menarik agar para peserta zoom ataupun calon konsumen tertarik untuk mengikuti acara yang kami buat, serta membuat paparan materi yang menarik agar dapat memuaskan para peserta dan menjawab rasa ingin tahu mereka terkait produk Bulhar Bugar seperti Lotam, Tessa anti ketombe, Scara Bulhar Oil, Jans Syrup, Argos dan Golden Cloves dengan segala manfaat serta khasiatnya. Peluang bisnis juga kami tawarkan dalam UMKM ini.

  • Jika pada saat kegiatan zoom hingga akhir acara belum memperoleh kesepakatan bisnis ataupunpermintaan langsung dari calon konsumen namun kami tidak berkecil hati. Kami memberikan waktu yang lebih banyak kepada calon pelanggan karena kami bekerja pada strategi jangka panjang dan kami akan mengembangkan kampanye promo kami agar lebih menarik para pelanggan. 

  • Karena dunia pemasaran sangat kompetitif maka kami akan berusaha membuat inovasi pemasaran yang unik dan menjadi khas dari Bulhar Bugar mengingat produk Bulhar Bugar belum ada yang menyamai hingga detik ini. 

  • Karena setelah zoom meeting kami juga belum mendapatkan tanggapan yang cukup maka kami akan mencoba menawarkan diskon pada produk utama kami agar menarik minat pelanggan. Kami juga masih akan terus melatih para reseller kami dalam melakukan pemasaran agar bisa memberikan informasi yang memuaskan dan menargetkan pada pasar dimana mereka memang yang benar-benar membutuhkan produk kami sehingga produk kami akan sesuai target atau sesuai sasaran.
  • Kesimpulannya adalah 

  • Komunikasi dalam berbisnis sangatlah penting terutama jika seseorang ingin focus dalam organisasi dalam suatu bisnis. Setiap bisnis harus memiliki strategi komunikasi bisnis yang efektif dan baik yang diterapkan untuk setiap anggota karyawan dan bagian pemasaran adalah salah satunya. 

  • Berbekal skill dalam komunikasi untuk berbisnis, memiliki pengetahuan penuh tentang produk yang ditawarkan dan memiliki target yang tepat guna dijadikan sasaran pasar merupakan hal-hal penting dan utama dalam mengatasi kendala-kendala dalam memasarkan produk yang kita jual sehingga diharapkan dengan hal tersebuut akan lebih mudah bagi kita untuk mengimplementasikan ilmu komunikasi bisnis di lapangan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan