Mohon tunggu...
Putri Tiara
Putri Tiara Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswi Psikologi UNDIP Berbagi Tips Resiliensi untuk Mengurangi Stres di Masa Pandemi

1 Agustus 2021   16:50 Diperbarui: 1 Agustus 2021   16:58 143 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswi Psikologi UNDIP Berbagi Tips Resiliensi untuk Mengurangi Stres di Masa Pandemi
Gambar 1. Poster Resiliensi/dokpri

Depok (01/08) -- Kegiatan KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021

Di tengah pandemi Covid-19, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro berlangsung secara online sejak tanggal 30 Juni hingga 12 Agustus 2021. Tingginya kasus Covid-19 di Kota Depok, membuat masyarakat di RT 008 Kelurahan Sukamaju taat akan protokol kesehatan. Selain itu, masyarakat juga telah mengurangi tingkat pertemuannya antar warga. 

Ketua RT 008 Kelurahan Sukamaju bahkan menuturkan bahwa selama pandemi Covid-19, program kerja rutin yang dilaksanakan secara tatap muka harus ditiadakan. Hal tersebut dijalankan RT 008 demi menjaga kesehatan warganya berdasarkan instruksi dari pemerintah Kota Depok.

Taat akan protokol kesehatan, mengurangi intensitas pertemuan, dan meniadakan program kerja rutin secara tatap muka, tidak membuat para warga merasa aman di masa pandemi Covid-19. 

Rasa khawatir, cemas, hingga stres, tetap dirasakan warga dan terus meningkat seiring waktu. Keresahan ini kemudian menjadi landasan terlaksananya program "Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Resiliensi Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19" oleh mahasiswi KKN Tim II Universitas Dipnegoro periode 2021 dengan dosen pembimbing lapangan Ibu Dr. Ir. Eny Fuskhah, M.Si.

Program "Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Resiliensi Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19" dilaksanakan sebagai upaya yang dilakukan untuk dapat mengedukasi warga dengan menyebarkan poster di grup whatsapp serta melakukan diskusi online dengan beberapa remaja terkait resiliensi. Program ini juga memiliki tujuan agar masyarakat mampu memelihara kondisi diri supaya tetap berfungsi secara kompeten dalam menghadapi berbagai stresor kehidupan di masa pandemi Covid-19. 

Selain berfungsi untuk membantu masyarakat dalam menghadapi stresor di masa pandemi Covid-19, program ini juga disusun dengan memperhatikan SDG's (Sustainable Development Goals) poin ke tiga yaitu "Good Health and Well-Being" untuk dapat membantu masyarakat agar memiliki kehidupan yang sehat dan sejahtera dengan memperhatikan kesehatan psikologisnya di tengah pandemi Covid-19.

Penulis: Putri Tiara Silmi Afifah

DPL: Dr. Ir. Eny Fuskhah, M.Si

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN