Mohon tunggu...
Putri Nabila
Putri Nabila Mohon Tunggu... 🦄

Ma other side!✨

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mediamorfosis: Sebuah Langkah Baru Perubahan dalam Media Digital

5 Mei 2021   03:14 Diperbarui: 5 Mei 2021   07:33 44 1 0 Mohon Tunggu...

Perkembangan teknologi dan komunikasi sangat pesat dalam beberapa decade terakhir, dan membuat manusia menemukan beberapa penemuan yang membuat dunia kini berubah.  Contohnya saja salah satu temuan nya pada saat ini yaitu komputer dan internet. Lalu apa itu penjelasan mengenai komputer dan internet sendiri? Menurut KBBI internet memiliki pengertian yaitu jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit. Dari itu, semua hal yang menyangkut informasi dan komunikasi telah terhubung satu dengan yang lain melalui komputer dan jaringan internet tersebut. 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdasarkan penggunaan komputer dan internet di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir dapat dikatakan pesat. Kenapa? Karena hal ini ditandai dengan pendigitalisasian sistem-sistem yang ada dalam tatanan kehidupan masyarakat di Indonesia sendiri. Teknologi yang kian berkembang menyebabkan informasi saat ini tidak hanya bersumber dari surat kabar melainkan informasi juga dapat langsung diakses dengan mudah oleh masyarakat melalui sebuah internet. 

Media massa konvensional yang termasuk ke dalam industri pers juga mau tidak mau harus menyesuaikan diri untuk mengikuti perkembangan zaman ke era digital untuk tetap menjaga eksistensinya. Media massa memiliki peran yang besar dalam pembangunan nasional sebagai agen pembaharuan, dalam mempercepat proses peralihan masyarakat tradisional menuju masyarakat modern, khususnya perubahan sehingga masyarakat bersikap tanggap terhadap suatu usaha di setiap pembangunan. 

Digitalisasi dari media jurnalistik tidak hanya terpusat dalam perubahan medianya, selebihnya terdapat pula perubahan yang radikal akibat perubahan budaya, perkembangan teknologi, dinamika politik dan ekonomi yang disebut sebagai mediamorfosis. Istilah ini memiliki sebuah makna dari sebuah hubungan rumit dari sebab dan akibat karena tekanan politis, inovasi-inovasi sosial dan teknologis (Fiddler.2003:35). Maka konsep yang dikemukakan oleh Roger Fidler yaitu, bahwa mediamorfosis atau transformasi sebuah media massa ke platform lainnya melewati berbagai tahapan yaitu koevolusi, konvergensi dan kompleksitas. Maka, perkembangan atau perubahan sebuah media massa ke dalam bentuk lainnya sebagai contoh media cetak ke media online tidak hanya terfokus pada konvergensi platform media massa tersebut dalam menyebarkan informasi berupa produk jurnalistik kepada audiensnya. 

Konsep mediamorfosis sendiri sebenarnya untuk memberikan pandangan kepada praktisi media sebagai sebuah gambaran atau ramalan teknologi kedepannya. Jika sebelumnya media cetak disusul dengan kelahiran radio sebagai media baru lalu ditemukan juga televisi maka jurnalistik juga memiliki sebuah kemajuan dengan adanya media baru untuk mempermudah dalam menyiarkan pesan atau informasi kepada para audiens.

Kesimpulannya yaitu, bagaimana media massa konvensional seharusnya bisa tidak menutup mata akan transformasi yang terjadi di media massa konvensional, namun melihat fenomena kedepan nya ini sebagai sebuah tanda perubahan untuk bertransformasi di era cyber media mudah akses dalam menyampaikan informasi dan berita.

VIDEO PILIHAN