Mohon tunggu...
Putri Citra Rafida
Putri Citra Rafida Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi Teknologi Radiologi Pencitraan Universitas Airlangga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Website Unair Care sebagai Solusi Lamanya Antrean di PLK Universitas Airlangga Kampus B

20 Juni 2024   21:03 Diperbarui: 20 Juni 2024   21:22 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

LATAR BELAKANG

Di tengah padatnya aktivitas akademik dan kehidupan kampus yang dinamis, terdapat kebutuhan mendesak bagi mahasiswa untuk memiliki akses layanan kesehatan yang cepat dan efisien. Namun antrean panjang menjadi permasalahan di Pusat Pelayanan Kesehatan (PLK) Universitas Airlangga (UNAIR) Kampus B. Mahasiswa sering kali harus menunggu berjam-jam untuk menerima perawatan medis yang mereka butuhkan, yang pada akhirnya mengurangi kualitas pengalaman kuliah mereka dan berdampak negatif terhadap kesehatan dan produktivitas akademik mereka

Berdasarkan survei terhadap 80 mahasiswa, sebanyak 40,4% di antaranya menyatakan harus menunggu lebih dari satu jam untuk mengakses layanan kesehatan di PLK. Sementara itu,  31,6% lainnya harus menunggu antara 30 dan 60 menit.
Antrean panjang di PLK memberikan dampak yang signifikan bagi pengguna. Pertama, jika siswa menunggu terlalu lama, hal ini akan menambah ketidaknyamanan dan frustrasi. Kedua, penundaan dalam mencari perawatan medis dapat memperburuk kesehatan, memperpanjang masa pemulihan, dan bahkan menyebabkan komplikasi lebih lanjut. Selain itu, waktu tunggu dapat mengganggu jadwal akademik siswa, mengurangi waktu yang mereka habiskan untuk belajar, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan istirahat. Pada akhirnya, hal ini dapat menurunkan kepuasan terhadap layanan kesehatan kampus dan merusak reputasi PLK sebagai penyedia layanan kesehatan yang terpercaya.

TUJUAN

Tujuan umum dibuatnya solusi berupa web ini yaitu untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pelayanan kesehatan di UNAIR dengan mengurangi waktu tunggu pasien. Sedangkan tujuan khususnya, antara lain
Meminimalkan waktu tunggu di pusat layanan kesehatan dengan nomor antrian online, memberikan estimasi waktu panggilan pasien., Menyediakan layanan konsultasi online dengan dokter, dan mempercepat pengambilan resep obat di apotek.

ALASAN

Alasan kami lebih memilih web untuk solusi dari permasalahan ini dibanding solusi lain yaitu karena web mudah diakses kapan saja dan di mana saja, lebih efisien dalam biaya pengembangan, user-friendly untuk berbagai kalangan, dan mudah diintegrasikan dengan sistem lain. Web ini dapat mengurangi waktu tunggu pasien melalui pengambilan nomor antrian dan estimasi waktu panggilan online. Layanan konsultasi online dan pemesanan resep obat juga akan mengurangi kebutuhan kunjungan langsung ke pusat layanan, sehingga mempercepat pelayanan dan mengurangi kepadatan yang menyebabkan tidak efisiennya pelayanan kesehatan di pusat layanan kesehatan tersebut.

DESKRIPSI FITUR

Berdasarkan press conference Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengumumkan bahwa jumlah pengguna internet Indonesia tahun 2024 mencapai 221.563.479 jiwa dari total populasi 278.696.200 jiwa penduduk Indonesia tahun 2023. Hal tersebut membuktikan 79,5% masyarakat Indonesia dalam roda kehidupannya tidak lepas dari internet. Maka dari itu untuk menyikapi dari permasalahan ini, kami kelompok 6 PDB 105 sepakat membentuk pelayanan yang lebih efisien melalui pembuatan website yang bernama “Unair Care”. Dengan mengusung tema Empowering Health, Enriching Lives diharapkan dapat membantu meningkatkan pelayanan PLK Unair yang lebih unggul dan digdaya sehingga ikut berperan dalam mensejahterakan masyarakat serta membangun negara yang nyaman dan sehat.
Dalam website Unair Care tentunya kami telah menyediakan fitur-fitur yang membantu untuk permasalahan yang kami angkat. Diantaranya terdapat fitur :

Pendaftaran 

Sistem pendaftaran pasien di PLK kini dapat dilakukan melalui website. Pasien yang ingin mengunjungi PLK dapat mendaftar secara online, mengisi informasi yang diperlukan, dan segera menerima nomor daftar tunggu yang tertera di website. Proses registrasi ini dimaksudkan untuk mengurangi kesalahan teknis dan memastikan bahwa pasien tidak menghadapi masalah seperti kesalahan dan getaran yang biasa terjadi di situs lama. Fitur ini memungkinkan pasien mendaftar dari kenyamanan rumah mereka, sehingga mengurangi waktu tunggu di kantor dan antrean secara fisik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun