Mohon tunggu...
Putri Haezah Fahriah
Putri Haezah Fahriah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Literacy Enthusiasm

Pembaca yang mencoba menulis.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Membangun Stabilitas Keuangan dengan Gaya Hidup Hemat dan Investasi Bijak: Insight dari Blogger Gathering Bersama Adira Finance

25 Mei 2024   20:42 Diperbarui: 27 Mei 2024   15:01 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi (24/05/2024)

Pada hari Jumat, tanggal 24 Mei 2024, saya diundang oleh Kompasiana untuk menghadiri Blogger Gathering bersama Adira Finance. Acara tersebut menghadirkan diskusi yang menarik bersama para narasumber hebat yaitu Ayu Sara Herlia, Founder @mamaber.uang, Indra Meyman Harefa, Head of Regional Non Auto Business Adira Finance, dan Dwi Nopianto, AXI Adira Finance.

Diskusi tersebut dimulai dari topik Frugal Living, yang dijelaskan secara mendalam oleh Ayu Sara Herlia. Menurut Mba Sarah, Frugal Living adalah gaya hidup hemat yang disesuaikan dengan kondisi pribadi dan tidak boleh dipaksakan. Gaya hidup ini bertujuan untuk mengatur pengeluaran dengan bijak agar keuangan tetap stabil.

Selain itu, Mba Sarah juga memberikan tips tentang bagaimana memulai bisnis dengan langkah pertama yang penting yaitu membuat dana darurat. Dia menekankan pentingnya budget tracking atau pencatatan anggaran untuk memastikan semua pengeluaran terkontrol dan sesuai dengan rencana.

Sumber gambar: Adira
Sumber gambar: Adira

Head of Regional Non Auto Business Adira Finance yaitu Bapak Indra Meyman Harefa memberikan pandangannya tentang cara menabung yang efektif. Salah satu tips yang dia bagikan adalah menabung dengan membeli properti, aset produktif, atau asuransi sesuai dengan kapasitas finansial masing-masing. Menurutnya, membeli aset produktif dapat menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan.


Pak Indra juga menyoroti pentingnya berhati-hati dalam mencari modal untuk memulai bisnis. Dia menekankan perlunya bijak dalam meminjam modal dan menyarankan program #SahabatDanaTunai Pinjaman Bersahabat dari Adira Finance berupa Pinjaman Dana Tunai. Program ini menawarkan pinjaman dengan bunga yang lebih rendah dibandingkan pinjaman online lainnya dan tersedia di seluruh cabang Adira Finance di Indonesia.

Visi Adira Finance, yaitu "menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan," sangat mendukung masyarakat dalam mengelola keuangan dan memulai bisnis dengan lebih bijaksana. Program-program yang ditawarkan Adira Finance bertujuan untuk membantu masyarakat mencapai kesejahteraan finansial.

AXI Adira Finance  yaitu Bapak Dwi Nopianto memberikan tips investasi terbaik melalui logam mulia atau emas. Dia menekankan bahwa investasi bukan tentang seberapa banyak yang kita miliki, tetapi seberapa banyak sisa gaji yang dapat kita tabung. Menurutnya, pendapatan besar tidak selalu menjamin kemampuan menabung yang besar, demikian pula sebaliknya.

Pak Dwi juga berbagi tips memulai bisnis dengan memanfaatkan mentor di Adira Finance. Banyak mentor di Adira yang memberikan pelatihan dan bimbingan untuk membantu nasabah agar tidak bersifat konsumtif dan lebih fokus pada pengeluaran produktif.

Diskusi berlanjut dengan penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana Adira Finance dapat membantu masyarakat dalam mengelola keuangan mereka. Program-program edukasi dan pelatihan yang ditawarkan oleh Adira Finance bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun