Siswa memiliki peran dalam keberlangsungan pembelajaran daring? Tentu saja.Â
Selama masa pandemi yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun ini, segala aktivitas bisa dikatakan terganggu atau berpindah haluan. dimana yang biasanya hampir semua aktivitas dilaksanakan di ruang publik kini berpindah di rumah masing-masing. Termasuk dalam pembelajaran.
Pembelajaran daring kini sudah berjalan mengikuti aturan pemerintah di masa pandemi ini, dimana pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan di sekolah kini dilaksanakan dirumah masing-masing dengan menggunakan teknologi pendukung yang menunjang berlangsungnya pembelajaran.
Dalam hal ini, selain orang tua yang dituntut untuk mengambil peran dalam terlaksananya pembelajaran daring, disini tentu saja Siswa juga memiliki peran sebagai tokoh utama.Â
Siswa diharapkan mampu mengikuti pembelajaran layaknya pembelajaran yang dilaksanakan secara langsung. Â Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali kendala-kendala yang dirasakan oleh mereka terutama bagi siswa yang tidak memiliki sebuah media penunjang pembelajaran online.Â
Lalu apa saja peran yang dilakukan siswa dalam berlangsungnya pembelajaran daring? Banyak.
1. Menyiapkan alat yang dibutuhkan, seperti laptop atau buku bahan bacaan
2. Menyiapkan tempat yang enak untuk melaksanakan pembelajaran
3. Ikut mengajak orang tua untuk mendukung pembelajaran
4. Â Aktif dalam kelas atau diskusi
5. Tidak sungkan untuk bertanya jika mengalami kesulitan
6. Membuat sebuah rencana pembelajaran sendiri demi tercapainya tujuan pembelajaran
Dari banyak peran yang bisa dilakukan oleh siswa, tentu saja setiap siswa memiliki cara mereka tersendiri dalam mengikuti proses pembelajaran hingga tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan di masa pandemi ini.Â
Pesan yang perlu diingat adalah janganlah malas dalam belajar! masa pandemi membuat kita banyak diam dirumah, seharusnya kita gunakan waktu kita untuk melakukan sesuatu yang produktif terutama yang berkaitan dengan pembelajaran.Â