Mohon tunggu...
putrianjelams
putrianjelams Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

Selanjutnya

Tutup

Palembang

Strategi Pemasaran Usaha Keripik Singkong Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Desa Rimba Terab Kecamatan Suak Tapeh

16 Maret 2025   22:36 Diperbarui: 16 Maret 2025   22:36 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Proses Pembersihan Ubi Singkong

Pada hari Selasa, 11 Februari 2025, bertempat di Desa Rimba Terab, Telah dilaksanakan Pembuatan Usaha Kripik Singkong, dalam usaha kripik singkong guna meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Rimba Terab.
Dalam usaha kripik singkong guna meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Rimba Terab. Strategi Pemasaran Kripik Singkong yang digunakan dalam pemasaran yaitu 4P (Product, Price, Place, Promotion) penyusunan strategi pemasaran ini yang efektif dan berkelanjutan. Peningkatan kualitas produk, penetapan harga yang bersaing, perluasan distribusi, serta strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan daya saing usaha kripik singkong di pasar lokal maupun luar daerah.
*Product (Produk)
Meningkatkan kualitas kripik singkong dengan inovasi rasa dan kemasan yang lebih menarik. Menjaga kebersihan dan standar produksi agar memenuhi kriteria pangan sehat. Mengembangkan varian produk, seperti kripik singkong pedas, manis, dan original, untuk menarik lebih banyak konsumen.
*Price (Harga)
Menentukan harga yang kompetitif berdasarkan biaya produksi dan harga pasar. Memberikan opsi pembelian dalam berbagai ukuran kemasan untuk menjangkau berbagai segmen konsumen. Menyediakan harga khusus atau diskon untuk pembelian dalam jumlah besar guna menarik pelanggan grosir.
*Place (Distribusi/Penempatan Produk)
Memperluas jangkauan pemasaran ke toko-toko lokal, pasar tradisional, dan supermarket.Menjalin kerja sama dengan reseller atau agen untuk mempercepat distribusi. Memanfaatkan media digital seperti marketplace dan media sosial untuk meningkatkan penjualan online.
* Promotion (Promosi)
Menggunakan media sosial (Facebook, Instagram, TikTok) untuk memperkenalkan produk secara luas. Menciptakan branding dan desain kemasan yang menarik agar lebih mudah dikenali oleh konsumen. Mengikuti pameran atau bazar UMKM untuk memperkenalkan produk ke calon pelanggan potensial.

Dokumentasi Saat di kebun Singkong
Dokumentasi Saat di kebun Singkong
Demikian berita acara ini dibuat untuk menjadi dokumentasi resmi atas kegiatan yang telah terlaksana.
Rimba Terab, 11 Februari  2025

Penyelenggara : Putri Anjela

Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

Dosen Pembimbing Lapangan:
Lena Marianti, M.Pd

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Palembang Selengkapnya
Lihat Palembang Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun