Mohon tunggu...
Putri Anggraini
Putri Anggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa universitas negeri medan

Seorang mahasiswa semester5 jurusan matematika, prodi pendidikan matematika yang energetik, pantang menyerah dan bertanggung jawab. mampu bekerja sama dengan baik dalam tim, bertukar pikiran, dan mengambil keputusan. Memiliki ketertarikan tinggi dibidang pisikologi, sosial, lingkungan dan dunia pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menganalisis Kesalahan Siswa SMP pada Materi PtLSV

6 Desember 2022   11:15 Diperbarui: 6 Desember 2022   11:31 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berdasarkan hasil jawaban yang diperoleh dari siswa dalam menyelesaikan soal HOTS bangun ruang sisi lengkung, hasil tersebut dianalisis untuk di data tiap butir soalnya secara rinci oleh peneliti serta menyajikannya dalam Tabel 1 berikut.

Berdasarkan Tabel 1 terlihat jelas bahwa beberapa siswa mengalami skor tidak maksimal sehingga terdapatnya sebuah kesalahan yang berarti penyelesaian yang didapatkan tidak sesuai dengan data ditanyakan. Analisis kesalahan yang akan dilaksanakan oleh peneliti ialah pada soal yang dikerjakan siswa yang terdapat kesalahan.

1. Ujilah nilai P + 3, jika diketahui P merupakan penyelesaian persamaan

1/2 (8x -- 12) = 2 (x -- 6).

Gambar 1. Analisis Jawaban Soal Nomor 1 (kanaya)

Berdasarkan Gambar 1 diatas yang merupakan jawaban dari soal host matematika siswi bernama Kanaya mengenai materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kanaya mengerjakannya tidak maksimal sehingga terdapatnya sebuah kesalahan pada butir soal nomor 1, Penyelesaian siswa tersebut menunjukkan terdapat kesalahan pada bagian kedua yaitu tanda + dan  tanda - seharusnya 4x-2x bukan 4x+2x yang berarti bahwa kanaya masih belum paham dalam menempatkan suatu bilangan itu positif (+) atau negatif (-) sehingga terjadi kesalahan saat memgerjakan soal host matematika materi yang berhubungan pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Kesalahan tersebut didasari karena siswa tidak atau kurang memahami konsep, tidak teliti dan tergesa-gesa serta hal tersebut sejalan hasil penelitian oleh Novferma (2016) yang menjelaskan kesulitan pada pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, pengetahuan metakognitif dan faktor eksternal ketergesaan dalam mengerjakan soal dan ketelitian.

2. Evaluasilah hasil dari 6 (3x + 1) + 2 = 4x + 3.

Gambar 2. Analisis Jawaban Soal Nomor 2 (Dimas)

Berdasarkan Gambar 2 diatas yang merupakan jawaban dari soal host matematika siswa bernama Dimas mengenai materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel Dimas mengerjakannya tidak maksimal sehingga terdapatnya sebuah kesalahan pada butir soal nomor 2, Penyelesaian siswa tersebut menunjukkan terdapat kesalahan pada bagian kedua yang berarti bahwa dirinya salah menginterpretasikan soal, dan tidak memahami saat mengerjakan soal host matematika dan juga tidak memahami penggunaan rumus dalam materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel sehingga menyebabkan kesalahan sampai akhir

3. Tuliskan himpunan penyelesaian pertidaksamaan 2 < 2x + 8 12

Gambar 3. Analisis Jawaban Soal Nomor 3 (cristina)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun