Mohon tunggu...
Putranda Firman Prayoga
Putranda Firman Prayoga Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa KKN UNDIP

Mengisi kekosongan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Cegah Saturasi Oksigen Menurun, Mahasiswa UNDIP Edukasi Warga Teknik Proning untuk Tingkatkan Saturasi Oksigen

6 Agustus 2021   10:47 Diperbarui: 6 Agustus 2021   10:56 43 0 1 Mohon Tunggu...

Semarang (19/07/21) -- Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) kembali dilaksanakan secara daring dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 yang masih melanda berbagai wilayah di Indonesia. KKN Undip kali ini mengusug tema "Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19 Berbasis pada Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata". KKN dilaksanakan secara individu oleh mahasiswa dengan menerapkan protokol kesehatan dan dilaksanakan secara daring mengingat adanya kegiatan PPKM yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. 

Seperti yang telah kita ketahui, seluruh negara di dunia, tak terkecuali Indonesia, masih berjuang menghadapi wabah Virus Corona yang hingga saat ini belum juga menghilang. Sudah mewabah sejak 2 tahun terakhir, virus ini bahkan telah bermutasi menjadi banyak varian dengan gejala dan efek yang bebeda-beda pada tiap jenis variannya. Varian Virus Corona yang sedang mewabah di Indonesia salah satunya adalah varian delta. Salahsatu gejala yang sedang marak adalah penurunan saturasi oksigen di tubuh penyitas pasien penyitasnya. Sehingga membuat pemerintah kewalahan akan penanganan varian baru ini. Banyak rumah sakit di Indonesia bahkan sampai kolaps karena terlalu banyak pasien yang kian hari kian bertambah banyak. Bahkan saat ini ketersedian oksigen untuk pasien yang mengalami penurunan saturasi oksigen semakin langka di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, masyarakat perlu mengetahui pertolongan pertama jika terjadi penurunan saturasi oksigen saat ISOMAN agar tidak menjadi parah dan tidak perlu sampai dilarikan ke rumah sakit. Alasan inilah yang menjadi dasar dari kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro tahun 2020/2021, Putranda Firman Prayoga (21). Dengan memberikan sosialisasi mengenai perkembangan Teknik Proning untuk mencegah penurunan saturasi oksigen kepada masyarakat RW 03 Kelurahan Bendan Duwur, Kota Semarang, diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat agar tidak panik jika suatu saat terjadi penurunan saturasi oksigen akibat Virus Corona. Kegiatan sosialisasi dilakukan secara daring melalui platform Whatsapp yang berisikan tokoh tokoh penting masyarakat RW 03 Bendan Duwur dan secara langsung dengan cara penempelan poster di posyandu RW 03.

 

Dengan adanya sosialisasi Teknik Proning dan juga rangkaian agenda KKN lainnya harapannya warga RW 03 Kelurahan Bendan Duwur mendapatkan ilmu menarik tentang cara meningkatkan saturasi oksigen ketika ada warga dilingkungannya yang harus melakukan isolasi mandiri, sehingga penyebaran virus covid 19 ini perlahan bisa makin terkendali dan harapannya Indonesia segera keluar dari pandemi covid 19 ini.

Penulis : Putranda Firman Prayoga (Mahasiswa S1 Teknik Perkapalan, KKN TIM II UNDIP 2021)

Dosen Pembimbing : drg. Isniya Nosartika, MDSc., Sp.Perio

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x