Ahmad Shadiq
Ahmad Shadiq pelajar/mahasiswa

"Menulis adalah cara terbaik untuk menyimpan ingatan"\r\n\r\nMari Menulis :)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

5 Manfaat Ikut Kopiwriting JNE bersama Kompasiana

10 Agustus 2018   22:07 Diperbarui: 13 Agustus 2018   07:59 929 8 3
5 Manfaat Ikut Kopiwriting JNE bersama Kompasiana
dokumentasi pribadi

Salah satu perusahaan pengiriman dan logistik terbesar di Indonesia, PT Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa disingkat JNE bersama kompasiana menggelar acara Kopiwriting di Hotel Aston, Jl. Sultan Hasanuddin Makassar, Kamis (9/8/2018).

Kopiwriting yang bertemakan "Bisnis Online yang Menjanjikan" ini sendiri dihadiri oleh Bloger Kompasiana Makassar dan Media-media cetak maupun online.

Kegiatan ini setidaknya memberi 5 manfaat bagi saya sebagai salah satu peserta. Beberapa manfaat itu adalah sebagai berikut.

Temu Kenal antar Kompasianer Makassar

Selama ini saya hanya saling berkomunikasi dengan beberapa kompasianer yang ada di Makassar melalui grup media soasial whatsapp saja. Namun dengan adanya even Kopiwriting ini saya bisa bertatap muka dan berjabat secara langsung dengan teman-teman Kompasianer Makassar. Berbincang langsung tanpa perantara gadget diantara kita.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Melihat Makassar dari Ketinggian

Diselenggarakan di lantai 20 Hotel Aston Makassar membuat peserta Kopiwriting JNE bersama Kompasiana bisa melihat langsung Kota Makassar dari ketinggian. Memandangi indahnya Pantai Losari dan Pulau Reklamasi serta mesjid 99 kubah yang masih on progress sambil menikmati sajian teh dan kue ala Hotel Aston Makassar.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Dapat Ilmu Tentang E Commerse dan Perkembangannya

Kegiatan ini menghadirkan Direktur E-Business Kominfo, Azhar Hasyim MIT sebagai salah satu narasumber untuk membahas tentang bisnis online yang menjanjikan.

Dalam pemaparannya, Azhar Hasim menjelaskan bahwa berdasarkan data Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia. Oleh karenanya, potensi bisnis online, baik online shop, marketplace, maupun e-commerce di Indonesia tak bisa lagi dipandang sebelah mata.

Selain itu, Azhar Hasyim juga mengatakan bahwa bisnis online di Indonesia memiliki nilai bisnis mencapai USD 12 miliar.

"Dan dilihat dari besarnya nilai itu, Indonesia berpeluang menjadi kekuatan ekonomi baru dunia di tahun 2020" ungkap Direktur E-Business Kominfo.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Menumbuhkan Gairah Bisnis Online

Tak cukup dengan mengundang pihak dari Kominfo untuk menjelaskan bagaimana menguntungkannya bisnis online dan peluangnya dimasa mendatang, JNE juga menghadirkan pelaku dari bisnis online di depan peserta Kopiwriting.

Adalah Devina Dewilarasati dan Dinda Manao, owner Baye Official yang turut menceritakan pengalamannya dalam menjalankan bisnis onlinenya. Baye Official yang lebih dikenal dengan nama akun @wear.baye di instagram ini bergerak di bidang fashion wanita yang diluncurkan pada akhir bulan April 2018.

Devina mengungkapkan bahwa media sosial sangat berperan penting dalam promosi produk-produk fashion terbaru mereka sehingga baru 3 bulan produk-produk mereka langsung sold out.

"Siapa sih hari ini nggak pegang HP dan punya media sosial. Jadi menjual di media sosial itu semua orang bisa lihat?" Kata Devina.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Tahu Info-info Produk Terbaru JNE

Head Of Maketing Communication Devision JNE, Meyland Hendar Prasetyo dalam kesempatannya mengatakan JNE terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan setia dengan melakukan inovasi di berbagai sektor, seperti infrastruktur, teknologi dan informasi serta SDM guna mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

"JNE juga menjalin kerjasama strategis dengan e-commerce dan pihak-pihak lain, sehingga dapat turut berkontribusi dalam mendukung UKM dan perekonomian Indonesia" ujar Meyland.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2